Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Uji Kelulusan Air Bertekanan

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download file ebook secara gratis pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Cara-Uji-Kelulusan-Air-Bertekanan-Di-Lapangan
Cara Uji Kelulusan Air Bertekanan Di Lapangan
Cara Uji Kelulusan Air Bertekanan Di Lapangan
No. Urut
: 12
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 27 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 2411:2008
Sifat : GRATIS

Abstrak

Cara uji kelulusan air bertekanan di lapangan merupakan revisi dari SNI 03-2411-1991, Metode pengujian lapangan tentang kelulusan air bertekanan. Adapun perubahan dari SNI lama adalah penambahan dan revisi beberapa materi mengenai Persyaratan dan Ketentuan serta Cara Pengujian, pembuatan Bagan Alir, perbaikan Gambar dan pembuatan Contoh Formulir.

Keberhasilan pembangunan suatu bangunan teknik sipil harus didukung oleh keberhasilan kegiatan serangkaian tahapan survey, investigasi, desain, konstruksi, operasional dan pemeliharaan (SIDCOM). Dalam tahapan perencanaan detail bangunan teknik sipil digunakan nilai parameter lapisan tanah dan batuan sebagai alas fondasi maupun bagian dari bangunan tersebut. Salah satu parameter tanah dan batuan adalah nilai kelulusan air yang harus diperhitungkan dalam keamanan bangunan antara lain bangunan air, tembok penahan tanah, pelaksanaan pondasi bangunan gedung/ basement.

Berdasarkan uraian di atas, maka nilai kelulusan air lapisan tanah dan batuan sebagai alas pondasi bangunan memiliki peran yang cukup penting dalam suatu pembangunan bangunan teknik sipil ini. Dengan mengikuti prosedur dan menggunakan standar kelulusan air bertekanan di lapangan, nilai kelulusan air yang diperoleh akan dapat dipertanggung jawabkan.

Ruang lingkup
Standar ini menetapkan cara uji kelulusan air bertekanan di lapangan, untuk memperoleh koefisien kelulusan air dan nilai Lugeon suatu lapisan tanah dan batuan dengan cara injeksi air ke dalam lubang bor, termasuk perhitungan dan penentuan hasil pengujian.

Peralatan
Peralatan yang digunakan untuk Uji Kelulusan Air Bertekanan Di Lapangan adalah sebagai berikut ini :
1. Mesin bor
2. Peralatan injeksi  
3. Mesin pompa  
4. Peralatan lain  
Peralatan lain, misalnya alat ukur waktu dan alat duga muka air tanah harus mempunyai ketelitian pembacaan setengah dari skala terkecil alat tersebut.

Download Cara Uji Kelulusan Air Bertekanan Di Lapangan

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Cara Uji Kelulusan Air Bertekanan Di Lapangan. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma.

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Kesimpulan

SNI ini menguraikan secara lengkap tahapan pengujian, perhitungan, penentuan hasil uji kelulusan air lapisan tanah dan batuan dengan menggunakan peralatan injeksi air ke dalam lubang bor. Dengan melakukan uji kelulusan air bertekanan di lapangan ini, selain memperoleh nilai kelulusan air yang lebih dapat dipertanggung jawabkan pada setiap perlapisan tanah atau batuan, juga dapat diketahui nilai Lugeon (Lu), jenis aliran ke dalam pori lapisan tanah atau batuan, perilaku lapisan tanah dan batuan akibat pengaliran air dan sangat membantu dalam keberhasilan perbaikan lapisan pondasi dengan cara injeksi semen.

Post a Comment for "Metode Uji Kelulusan Air Bertekanan "