Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Retaining Wall Beton Format Excel

Perhitungan-Retaining-Wall-Beton-Dinding-Penahan-Tanah-Beton-Format-Excel
Perhitungan Retaining Wall Beton Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Pada artikel lain sipilgo juga membagikan Perhitungan Dinding Penahan Tanah (Retaining Walls) Versi 2 Format Excel dan dapat didownload secara gratis.

Pengertian Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton

Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton adalah konstruksi berbentuk dinding yang digunakan untuk menjaga kestabilan agar bidang tanah tidak bergeser atau longsor. 
 
Bentuk dan struktur dari bidang konstruksi ini dibuat solid sehingga tanah dapat ditahan dengan baik. Tanah yang ditahan oleh dinding ini biasanya tidak dapat terbendung pergerakannya dengan baik secara alami.

Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan agar bidang tanah tidak bergeser atau longsor.

Fungsi Retaining Wall atau Dinding Penahan Tanah

Retaining Wall atau Dinding Penahan Tanah memiliki beberapa macam fungsi atau kegunaan, diantaranya sebagai berikut ini :
1. Mencegah runtuhnya lateral tanah aktif di daerah rawan longsor
2. Mencegah keruntuhan tanah lateral yang diakibatkan oleh tekanan air yang berlebihan
3. Mengamankan dinding sungai yang terkena gerusan aliran air, terutama ketika banjir.
4. Penyangga tanahdi sekitar bangunan gedung.
5. Mengamankan timbunan pada perkerasan jalan baru.

Perhitungan-Retaining-Wall-Beton-Dinding-Penahan-Tanah-Beton-Format-Excel-02
Perhitungan Retaining Wall Beton Format Excel 01

Jenis atau Tipe Retaining Wall atau Dinding Penahan Tanah

1. Diaphragm Wall atau Dinding Diafragma
Diaphragm Walls (Cast In Situ) adalah dinding penahan tanah yang dibuat dengan sistem penggalian parit dengan bantuan lumpur pengeboran (bentonite slurry/polymer) dimana tahap akhir pekerjaan diisi dengan keranjang besi dan dicor langsung dengan beton ready mix.
 
2. Gabion Retaining Walls atau Dinding Bronjong
Gabion Retaining Walls atau Dinding Bronjong adalah kumpulan blok yang berisikan batu-batu yang terbelah dan dibungkus dengan kawat bronjong.

Batuan terbelah ini merupakan komponen utama dalam pembuatan retaining wall. Penggunaan bongkahan batu ini bisa juga digunakan untuk memudahkan resapan air yang masuk ke dalam tanah.

3. Gravity Retaining Wall atau Dinding Penahan Gravitasi
Gravity retaining wall atau Dinding Penahan Gravitasi adalah sebuah penahan tanah yang terbuat dari sejumlah bongkahan batu atau beton bertulang (reinforced concrete).

Desain ini merupakan salah satu desain yang unik dikarenakan fungsi penopang tanah lateralnya memanfaatkan bobot massa yang dihasilkan dari bentuk badan konstruksi tembok itu sendiri. Gravity retaining wall cocok digunakan untuk area timbunan tanah atau tebing yang landai.

4. Cantilever Retaining Wall
atau Dinding Penahan Kantilever
Cantilever Retaining Wall atau Dinding Penahan Kantilever adalah dinding penahan tanah yang umum digunakan pada daerah timbunan atau tebing. Konstruksi dinding ini bisa berfungsi sebagai penahan tanah. Jenis ini memiliki prinsip kerja dengan mengendalikan daya jepit pada struktur tubuh dindingnya.

5. Block Concrete Wall atau Dinding Blok Beton
Block Concrete Wall atau Dinding Blok Beton adalah jenis dinding penahan yang dibuat dari susunan vertikal blok-blok beton masif yang dilengkapi dengan sistem pengunci. Dinding penahan tanah yang satu ini memanfaatkan sistem pengunci antar blok agar tidak ada beton yang bergeser saat pemasangan berlangsung di lokasi.

Inilah kenapa ciri khas dinding ini bisa dilihat dari bentuk konstruksinya yang berupa model telapak memanjang pada bagian dasar struktur dengan sistem jepit.

6. Revetment Wall atau Dinding Penahan Tebing
Revetment Wall atau Dinding Penahan Tebing adalah jenis penahan dinding yang sering digunakan untuk menahan tanah pada pinggiran pantai atau tepi sungai. 
 
Tujuan penggunaan penahan dinding pada pinggiran pantai atau tepi sungai itu dilakukan untuk memperkuat tanah pada lahan miring. Di samping itu penahan dinding model ini bisa melindungi dari gerusan atau longsor akibat abrasi.

Download Perhitungan Retaining Wall Beton Atau Dinding Penahan Tanah Beton Format Excel
 
Perhitungan-Retaining-Wall-Beton-Dinding-Penahan-Tanah-Beton-Format-Excel-03
Perhitungan Retaining Wall Beton Format Excel 02
Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan perhitungan dengan format ms. excel, sehingga memudahkan untuk belajar dan menghitung struktur Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton. 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Retaining Wall Beton atau Dinding Penahan Tanah Beton Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perhitungan Retaining Wall Beton Format Excel"