Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel

Perhitungan-Pondasi-Strauss-Pile-Format-Excel
Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Pondasi Strauss Pile

Pondasi Strauss Pile adalah suatu pondasi bangunan yang pengerjaannya dibor dahulu dengan menggunakan alat bor lalu dipasang besi tulangan kemudian dicor. secara garis besar pondasi strauss mirip dengan pondasi bore pile hanya saja beda ukuran dan peruntukan.
 
Pondasi strauss pile termasuk kategori pondasi dalam. Pondasi dalam digunakan jika lapisan tanah keras berada pada kedalaman tanah yang cukup dalam dari permukaan. Kedalaman pondasi strauss pile tergantung dari kekerasan tanah. Ada yang hanya 2 meter, 3 meter sampai 8 meter baru dapat tanah keras. Mutu beton strauss pile disesuaikan dengan kebutuhan, minimal fc' 20 Mpa.

Kelebihan Dan Kekurangan Pondasi Strauss Pile

Setiap jenis pondasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, tapi yang terpenting adalah pondasi berfungsi atau bekerja sesuai dengan semestinya. Pondasi memiliki peranan penting dalam menerima beban dari suatu konstruksi baik beban mati, beban hidup dan beban yang lainnya.
 
Kelebihan dari pondasi strauss pile
1. Pelaksaanaan pengeboran pondasi strauss pile sangat sederhana, dengan menggunakan tenaga manusia. Seperti cara menggunakan bor tangan.

2. Karena dikerjakan secara sederhana, tentu saja tidak ada mesin yang digunakan. Sehingga tidak memerlukan BBM dan tidak menimbulkan suara bising.

3. Tidak menimbukan getaran disekitar pengeboran pondasi strauss.

4. Biaya pembuatan pondasi strauss pile tergolong lebih murah pada kategori pondasi dalam.
 
Kekurangan dari pondasi strauss pile
1. Kedalaman pondasi strauss yang dapat dikerjakan terbatas, sekitar 10 meter.
 
2. Dimensi pondasi strauss yang terbatas, ini tergantung mata bor yang dimiliki. dimensi pondasi strauss adalah 20 cm, 25 cm dan 30 cm.
 
3. Beton keropos. Kendala dalam pengecoran pondasi dalam adalah keroposnya beton dan ini mempengaruhi kekuatan dari pondasi. 
 
Perhitungan-Pondasi-Strauss-Pile-Format-Excel-01
Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel 01

Metode Pelaksanaan Tiang Bor

Pada pelaksanaan tiang bor terdapat 3 metode yang digunakan :
1. Metode Casing
Metode ini digunakan bila lubang bor sangat mudah longsor, misalnya tanah di lokasi adalah pasir bersih dibawah muka air tanah. Untuk menahan agar lubang tidak longsor digunakan pipa selubung baja (casing). 
 
Pemasangan pipa selubung ke dalam lubang bor dilakukan dengan cara memancang, menggetarkan atau menekan pipa baja sampai kedalaman yang ditentukan.
 
2. Metode Kering
Metode kering dapat dilakukan pada tanah di bawah muka air tanah, jika tanahnya mempunyai permeabilitas rendah, sehingga ketika dilakukan pengeboran, air tidak masuk ke dalam lubang bor saat lubang masih terbuka. 
 
Pada metode kering, lubang dibuat dengan menggunakan mesin bor tanpa pipa pelindung (casing). Metode kering cocok digunakan pada tanah di atas muka air tanah yang ketika di bor dinding lubangnya tidak longsor, seperti lempung kaku homogen.
 
3. Metode Basah
Metode basah umumnya dilakukan bila pengeboran melewati muka air tanah, sehingga lubang bor selalu longsor bila dindingnya tidak ditahan. Agar lubang bor tidak longsor , di dalam lubang bor diisi dengan larutan tanah lempung/bentonite atau larutan polimer.

Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel

Perhitungan Pondasi Strauss Pile
Alur Perhitungan Pondasi Strauss Pile yang akan sipilgo bagikan adalah sebagai berikut :
A. Pondasi telapak
Perhitungan pondasi telapak berisi tentang perhitungan moment untuk pondasi, kontrol kekuatan pondasi dengan daya dukung tanah, penulangan lapangan dan tumpuan.

B. Daya dukung pondasi strauss pile
Perhitungan daya dukung pondasi strauss pileberisi tentang daya dukung pondasi, tegangan ijin tanah sirtu diasumsi, beban total, daya dukung 1 bh pondasi tiang, effisiensi tiang pancang, jumlah tiang pancang.
C. Perhitungan pile cap
Perhitungan pile cap berisi tentang cek geser pons, penulangan pile cap (diameter dan jarak tulangan)
D. Penulangan Tiang strauss pile
Penulangan Tiang strauss pile berisi tentang mutu beton, mutu baja, diameter strauss pile, tegangan ijin tekan beton, tegangan ijin tarik baja, P Axial yang dapat dipikul oleh tiang, penulangan pada tumpuan x dan y, penulangan lapangan x dan y.

Download Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih... 
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Pondasi Strauss Pile termasuk kategori pondasi dalam. Sebelum membangun konstruksi perlu diperhitungkan semuanya dari kekuatan balok, kolom, dan pondasi apa yang cocok digunakan. Selain itu analisa perhitungan konstruksi juga penting, salah satunya perhtungan analisa pondasi agar konstruksi tetap kokoh dan aman.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

2 comments for "Perhitungan Pondasi Strauss Pile Format Excel"