Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kajian Simpang (Persimpangan Jalan)

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download gratis file ebook pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Kajian-Simpang-Persimpangan-Jalan
Kajian Simpang Persimpangan Jalan
Kajian Simpang (Persimpangan Jalan)
Nomor : 52
Kode : ES-0052
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 26 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Materi Webinar
Sifat : GRATIS

Abstrak

UMUM
Pada prinsipnya persimpangan adalah pertemuan dua atau lebih jaringan jalan.
Persimpangan adalah bagian terpenting dari sistem jaringan jalan, yang secara umum kapasitas persimpangan dapat dikontrol dengan mengendalikan volume lalu lintas dalam sistem jaringan tersebut.

Type Pertemuan Pergerakan
Pada dasarnya ada empat pertemuan gerakan lalu lintas masing­-masing :
1. Pemencaran (diverging)
2. Penyatuan (merging)
3. Persilangan (crossing)
4. Jalinan (Weaving)

Titik Konflik Pada Simpang

Dari diagram dapat diketahui tempat-tempat yang sering terjadi konflik dan tabrakan kendaraan. Jumlah konflik yang terjadi setiap jamnya pada masing-masing pertemuan jalan dapat langsung diketahui dengan cara mengukur volume aliran untuk seluruh gerakan kendaraan. Masing-masing titik berkemungkinan menjadi tempat terjadinya kecelakaan dan tingkat keparahan kecelakaannya berkaitan dengan kecepatan relatif suatu kendaraan. Apabila ada pejalan kaki yang meyeberang jalan pada pertemuan jalan tersebut.

Suatu operasi yang paling sederhana ialah hanya melibatkan satu manuver penggabungan, pemisahan atau penyilangan. Biasanya terdapat batas pemisah dari aliran yang paling disenangi (prioritas) dan kemudian gerakan yang terkontrol dibuat terhadap dan dari sebuah aliran sekunder. Keputusan untuk menerima atau menolak sebuah gap diserahkan kepada pengemudi dari aliran yang bukan prioritas.

Disamping itu arus lalu lintas yang terkena konflik pada suatu persimpangan mempunyai tingkah laku yang komplek, setiap gerakan baik belok kiri, belok kanan ataupun lurus masing-masing menghadapi konflik yang berbeda dan berhubungan langsung dengan tingkah laku gerakan tersebut. Adapun titik konflik dan jenis manuvernya dapat dilihat pada gambar berikut :

Jumlah potensi titik - titik konflik pada simpang tergantung dari:
- Jumlah kaki simpang
- Jumlah lajur dari kaki simpang
- Jumlah pengaturan simpang
- Jumlah arah pergerakan

Tujuan Pengaturan Simpang

Tujuan utama dari pengaturan lalu lintas umumnya adalah untuk menjaga keselamatan arus lalu lintas dengan memberikan petunjuk­petunjuk yang jelas dan terarah, tidak menimbulkan keraguan. Pengaturan lalu lintas disimpang dapat dicapai dengan menggunakan lampu lalu lintas, marka, dan rambu-rambu yang mengatur, mengarahkan, dan memperingati serta pulau-pulau lalu lintas

Selanjutnya dari pemilihan pengaturan simpang dapat ditentukan tujuan yang ingin di capai seperti berikut :
1. Mengurangi maupun menghindarkan kemungkinan terjadinya kecelakaan yang berasal dari berbagai kondisi titik konflik.

2. Menjaga kapasitas dari samping agar dalam operasinya dapat dicapai pemanfaatan simpang yang sesuai dengan rencana.

3. Dalam operasinya dari pengaturan simpang harus memberikan petunjuk yang jelas dan pasti serta sederhana, mengarahkan arus lalu lintas pada tempatnya yang sesuai.

Pada pengaturan persimpangan perlu memperhatikan arus lalu lintas baik dari jalan minor maupun dari jalan mayor, dari data arus tersebut dapat ditentukan 3 pengaturan di simpang yang meliputi:
1). Pengaturan dengan prioritas :
     - Pengaturan simpang biasa
     - Pengaturan simpang dengan bundaran :
2). Pengaturan dengan lampu lalu lintas
     - Pengaturan simpang biasa
     - Pengaturan simpang dengan bundaran
3). Pengaturan dengan simpang susun

Jenis-jenis Pengaturan Simpang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makin tinggi tingkat kompleksitas suatu simpang, makin tinggi pula kebutuhannya. Jenis pengaturan simpang sebidang dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
- Pengaturan simpang tanpa lampu lalu lintas
- Pengaturan simpang dengan lampu lalu lintas

Pengaturan Simpang Tanpa Lampu Lalu Lintas

Secara lebih rinci, pengaturan simpang sebidang dapat dibedakan sebagai berikut:
1. Aturan Prioritas
     Ketentuan dari aturan lalu lintas pada simpang tanpa sinyal lalu lintas sangat mempengaruhi kelancaran pergerakan arus lalu lintas yang saling berpotongan terutama pada simpang yang merupakan perpotongan dari ruas-ruas jalan yang mempunyai kelas yang sama.
       
2. Rambu dan atau Marka, misalnya:
a. Rambu Yield
Pengaturan ini digunakan untuk melindungi arus lalu lintas dari salah satu ruas jalan pada dua ruas jalan yang saling berpotongan tanpa arus berhenti sama sekali. Sehingga pengendara tidak terlalu terhambat bila dibandingkan dengan pengaturan Stop Sign.

Yield Sign juga digunakan pada simpang yang diatur dengan kanalisasi yang digunakan untuk mengatur kendaraan belok kiri pada lajur percepatan terutama bila lajur percepatan tersebut kurang panjang .

b. Rambu Berhenti
Pengaturan simpang dengan stop sign digunakan bila pengendara pada kaki simpang harus berhenti secara penuh sebelum memasuki simpang.
Stop signing ditunjukkan pada gambar berikut. Pengaturan ini digunakan pada pertemuan antara minor road dengan major road .

c. Kanalisasi
Daerah perkerasan yang lebih luas, untuk melayani gerakan membelok pada kanal yang banyak, harus diberi tanda dengan tepat agar pengemudi dapat bergerak dengan mulus dan aman melalui pertemuan jalan. Sementara badan jalan diberi tanda panah dan garis untuk membantu manuver kendaraan, biasanya diperlukan pula pemisahan fisik dengan membangun pulau lalu lintas dan disediakan ruang cadangan.

d. Bundaran
Bundaran (roundabout) dapat dianggap sebagai kasus istimewa dari kanalisasi yang pulau di tengahnya dapat bertindak sebagai pengontrol pembagi dan pengarah bagi sistem lalu lintas berputar satu arah. 

Download Kajian Simpang (Persimpangan Jalan) Format Pdf

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Kajian Simpang (Persimpangan Jalan) format pdf. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook
 

Post a Comment for "Kajian Simpang (Persimpangan Jalan)"