Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download file ebook secara gratis pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Uji-Kadar-Air-Untuk-Tanah-Dan-Batuan-Di-Laboratorium
Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium
Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium
No. Urut
: 7
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 16 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 1965:2008
Sifat : GRATIS

Abstrak

Ruang Lingkup
Standar ini menetapkan prosedur uji di laboratorium tentang penentuan kadar air untuk tanah, batuan dan material sejenisnya berdasarkan beratnya. Penggunaan kata material yang  sering  diterapkan di sini juga mengacu  salah satu material tanah atau material batuan.

Kadar air  material  yang  ditentukan dalam  cara uji ini, adalah sebagai  perbandingan berat air pori atau air bebas yang ada dalam material dan partikel padat yang dinyatakan dalam persen.

Partikel padat  merupakan istilah yang digunakan dalam geoteknik  untuk maksud kejadian alami  partikel mineral tanah dan batuan dan tidak termasuk material larutan dalam air. Karena itu kadar air material yang mengandung  bahan dari luar (seperti semen dan semacamnya) memerlukan perlakuan khusus  atau harus memenuhi ketentuan kadar air.

Penentuan kadar air untuk tanah dan batuan dilakukan di laboratorium terhadap contoh tanah atau batuan yang diambil dari lapangan. Standar ini tidak mencakup pengujian untuk material yang mengandung  organik atau gipsum.  Cara uji untuk material organik  sesuai SNI 03-6793-2002 Metode pengujian kadar air, kadar abu dan bahan organik dari tanah gambut dan tanah organik lainnya. 

Kegunaan hasil uji kadar air ini dapat diterapkan untuk menentukan konsistensi perilaku material dan sifatnya, pada tanah kohesif konsistensi tanah tergantung dari nilai kadar airnya. Di samping itu pula nilai kadar air ini dapat digunakan untuk pengujian lainnya seperti pada pengujian penentuan batas cair dan batas plastis tanah.

Download Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma.

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Post a Comment for "Uji Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Di Laboratorium"