Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download file ebook secara gratis pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Uji-Batas-Plastis-Dan-Indeks-Plastisitas-Tanah
Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah
Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah
No. Urut
: 8
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 15 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 1966:2008
Sifat : GRATIS

Abstrak

Ruang Lingkup
Standar cara uji penentuan Batas Plastis dan Indeks Plastisitas tanah bertujuan untuk menentukan batas terendah kadar air ketika tanah dalam keadaan plastis, dan angka Indeks Plastisitas suatu tanah.

Dalam cara uji penentuan batas plastis dan indeks plastisitas tanah ini metode penggelengan terdiri dari 2 prosedur yaitu penggelengan menggunakan telapak tangan dan penggelengan menggunakan alat geleng batas cair (sebagai prosedur alternatif). 

Batas Plastis dihitung berdasarkan persentasi berat air terhadap berat tanah kering pada benda uji. Pada cara uji ini, material tanah yang lolos saringan ukuran 0.425 mm atau saringan No.40, diambil untuk dijadikan benda uji kemudian dicampur dengan air suling atau air mineral hingga menjadi cukup plastis untuk digeleng/dibentuk bulat panjang hingga mencapai diameter 3 mm. 

Metode penggelengan dapat dilakukan dengan telapak tangan atau dengan alat penggeleng batas plastis (prosedur alternatif). Benda uji yang mengalami retakan setelah mencapai diameter 3 mm, diambil untuk diukur kadar airnya. Kadar air yang dihasilkan dari pengujian tersebut merupakan batas plastis tanah tersebut.  

Angka Indeks Plastisitas tanah didapat setelah pengujian Batas Cair (tidak dibahas dalan buku ini) dan Batas Plastis selesai dilakukan. Angka Indeks Plastisitas Tanah merupakan selisih angka Batas Cair (liquid limit, LL) dengan Batas Plastis (plastic limit, PL).

Download Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma.

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Post a Comment for "Uji Batas Plastis Dan Indeks Plastisitas Tanah"