Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyiapan Tanah Terganggu Dan Tanah Agregat

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download file ebook secara gratis pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Penyiapan-Tanah-Terganggu-Dan-Tanah-Agregat-Untuk-Pengujian
Penyiapan Tanah Terganggu Dan Tanah Agregat Untuk Pengujian
Metode penyiapan secara kering contoh tanah terganggu dan tanah agregat untuk pengujian
No. Urut
: 10
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 20 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 1975:2012
Sifat : GRATIS

Abstrak

Ruang Lingkup
Standar ini menetapkan metode atau cara penyiapan secara kering contoh tanah dan tanah yang mengandung agregat yang diperoleh dari lapangan untuk pengujian analisis ukuran butir, berat jenis, batas cair, batas plastis, faktor susut, hubungan kadar air-densitas dan pengujian lainnya yang mungkin diperlukan.
 
Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Metode penyiapan secara kering contoh tanah terganggu dan tanah-agregat untuk pengujian adalah revisi dari SNI 03-1975-1990, Metode mempersiapkan contoh tanah dan tanah mengandung agregat. Standar ini mengacu pada AASHTO Designation: T 87-86 (2004), Standard Method of Test for Dry Preparation of Disturbed Soil and Soil Aggregate Samples for Test. 

Peralatan
1. Timbangan
Timbangan yang digunakan untuk menentukan massa contoh tanah yang diuji harus sesuai dengan persyaratan SNI 03-6414-2002. Timbangan untuk menentukan massa contoh tanah untuk pengujian analisis ukuran butir, berat jenis dan pengujian sifat fisik harus mempunyai ketelitian pembacaan maksimum 0,01 g dan timbangan untuk menentukan massa contoh tanah untuk pengujian gradasi (analisis saringan) dan pengujian hubungan kadar air-densitas harus mempunyai ketelitian pembacaan maksimum 1 g.

2. Alat pengering
Alat pengering yang sesuai, mampu mengeringkan contoh tanah pada suhu tidak lebih dari 60°C.

3. Saringan
Serangkaian saringan dengan ukuran 19,0 mm (3/4 inci), 4,75 mm (No. 4), 2,00 mm (No. 10), 0,425 mm (No. 40) dan lain-lain sesuai dengan keperluan, lihat Catatan 1. Saringan harus sesuai dengan SNI 03-6866-2002.

4. Peralatan penggembur
Mangkok porselin atau talam (dengan penumbuk yang dibungkus karet) atau alat penggembur mekanis yang sesuai untuk memecahkan gumpalan contoh tanah tanpa menimbulkan pecahnya butiran asli tanah.

5. Alat pemisah
Sebuah alat pemisah, lihat Gambar A.1 pada Lampiran A, untuk memisahkan atau membagi contoh tanah menjadi dua bagian yang sama (sebanding) dan mampu mendapatkan jumlah contoh tanah yang mewakili tanpa menyebabkan kehilangan butiran halus yang cukup berarti. Alat pemisah contoh tanah harus dilengkapi dengan wadah/talam yang digunakan untuk menampung contoh tanah yang dibagi tersebut. Lebar talam harus sama dengan lebar total dari luncuran (riffle chutes) alat pemisah.

Download Penyiapan Tanah Terganggu Dan Tanah Agregat

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Penyiapan Tanah Terganggu Dan Tanah Agregat. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma.

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Post a Comment for "Penyiapan Tanah Terganggu Dan Tanah Agregat"