Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku 1 Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik

DOWNLOAD EBOOK GRATIS. Silahkan anda download gratis file ebook pada kolom yang sudah disediakan tanpa daftar dan tanpa bayar.

Buku-1-Pengawasan-Teknis-Pekerjaan-Fisik
Buku 1 Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik
No. Urut
: 18
Kode : ES-0018
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 14 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Manual Konstruksi dan Bangunan
Nomor : No.021/BM/2009
Sifat : GRATIS

Abstrak

PENDAHULUAN
Manual Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik atau disebut juga Manual Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan ini dipersiapkan dalam rangka memberikan acuan kepada para pengawas pekerjaan fisik di lapangan untuk mengawasi pelaksanaan pekerjaan Kontraktor / Penyedia Jasa agar memenuhi spesifikasi teknis yang dipersyaratkan, sesuai dengan Detailed Engineering Design (DED) yang dibuat, sehingga menghasilkan kualitas pekerjaan yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

Manual ini merupakan pengembangan dari manual pengawasan pekerjaan fisik yang pernah ada dilingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga, yang kemudian dikembangkan dan dilakukan penyesuaian lagi berdasarkan norma dan standar yang masih berlaku hingga saat ini oleh tim dari Subdit Penyiapan Standar dan Pedoman, Direktorat Bina Teknik, Ditjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, dengan memperhatikan masukan-masukan yang ada dari para pemangku kepentingan (stakeholders) terkait.  
 
TUJUAN
Tujuan disusunnya buku ini untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan kegiatan fisik dilingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga, tanpa adanya penyimpangan kontrak yang dapat berakibat gagalnya pelaksanaan kegiatan fisik yang juga mengakibatkan kerugian Negara yang disebabkan tidak tercapainya sasaran kegiatan.

Sedangkan fungsi dasar pengawasan pekerjaan konstruksi (Supervisi) yaitu mempunyai beberapa wujud karakter antara lain:
a. Quality Control yaitu mengamankan seluruh komponen secara menyeluruh dan mendetail (tidak secara random) untuk memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan dan selalu dilengkapi daftar simak apa yang akan diperiksa.
b. Quality Assurance yaitu suatu kegiatan yang sistematik dan terencana yang ditetapkan dalam sistem mutu,  untuk menyakinkan apakah proses Quality Control cukup terarah sesuai sasaran dan cukup efektif, secara random dilakukan kontrol pengamanan kualitas sebagai sarana counter check.
c. Safety Control yaitu menekankan pada pengamanan dalam seluruh proses pekerjaan yang terlibat, secara teknis lebih banyak kearah mengamankan struktur pekerjaan dan langkah pengendalian resiko dalam cara pelaksanaan (kemungkinan kecelakaan, kebakaran dll).
d. Observasi berkala yaitu mengamankan tercapainya sasaran desain dengan segala konsep, metode, asumsi, perilaku struktur, urutan pelaksanaan, dan observasi cermat serta detail.

Download Buku 1 Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik

File yang saya bagikan ini merupakan Ebook tentang Buku 1 Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik. Silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma. 
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook
 

Post a Comment for "Buku 1 Pengawasan Teknis Pekerjaan Fisik"