Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RAB Dan Back Up Volume Gedung Format Excel Gratis

RAB-dan-Back-Up-Volume-Gedung-Format-Excel
RAB dan Back Up Volume Gedung Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file RAB dan Back Up Volume Gedung Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Memuat…

Pengertian RAB Gedung

Gedung adalah suatu konstruksi bangunan buatan manusia yang terbuat dari beberapa material menjadi satu kesatuan untuk dijadikan tempat beraktivitas. Konstruksi gedung dibedakan menjadi 2, yaitu struktur atas dan struktur bawah. 
 
Rencana Anggaran Biaya Gedung adalah perkiraan jumlah anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan pekerjaan gedung dan sudah termasuk PPN 11%. Didalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Gedung terdapat jumlah volume pekerjaan dalam 1 periode. Nah, volume pekerjaan ini dihitung pada sheet terpisah yang dinamakan back up volume.
 
Rencana Anggaran Biaya dijadikan acuan atau pedoman dalam melaksanakan pekerjaan. Volume yang terdapat pada setiap item pekerjaan akan dijadikan bobot pekerjaan dalam satuan persen (%), yang nantinya untuk dasar membuat time schedule. Dari time schedule tersebut tergambar dan terdokumentasi setiap pekerjaan yang sudah dikerjakan maupun belum dikerjakan. Dari sinilah akan terlihat progres pekerjaan, apakah sesuai jadwal ataukah molor dari jadwal yang ditagetkan.

Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Gedung

Perhitungan rencana anggaran biaya ini bertujuan untuk mengetahui jumlah biaya yang dibutuhkan, mengontrol pengeluaran per item pekerjaan, mencegah adanya keterlambatan atau pemberhentian pekerjaan, dan meminimalisir pemborosan biaya yang mungkin terjadi pada saat dilaksanakannya pekerjaan.
 
Proses penyusunan Anggaran Biaya pada suatu bangunan memerlukan adanya perhitungan volume pekerjaan per item pekerjaan dan analisa harga satuan pekerjaan yang berlaku pada tahun dan lokasi rencana pekerjaan.
 
Gambar kerja (shop drawing) atau gambar rencana (plan drawing) merupakan dasar atau acuan untuk mengitung volume per item pekerjaan. Volume-volume yang ada ditiap item pekerjaan disusun berdasarkan urutannya untuk memudahkan dalam membaca dan mengecek. Kumpulan volume item pekerjaan ini yang dinamakan Back Up Volume. Dari back up volume dimasukan ke format (RAB) Rencana Anggaran Biaya.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) Gedung terdiri dari item-item pekerjaan sebagai berikut :
1. Pekerjaan Persiapan
2. Pekerjaan Pondasi Dan Beton
3. Pekerjaan Pasangan Dan Plesteran
4. Pekerjaan Keramik Lantai Dan Dinding
5. Pekerjaan Atap
6. Pekerjaan Plafond
7. Pekerjaan Kusen, Pintu Dan Jendela
8. Pekerjaan Aksesoris Pintu Dan Jendela
9. Pekerjaan Sanitair
10. Pekerjaan Instalasi Air
11. Pekerjaan Instalasi Listrik
12. Pekerjaan Pengecatan
 
Semua biaya di 12 item pekerjaan dijumlahkan dan ditambahkan PPN 11% maka ketemulah Jumlah Total Biaya pekerjaan gedung.

Download RAB dan Back Up Volume Gedung Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung saja dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...

File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Password File Rar : www.sipilgo.com

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Rencana Anggaran Biaya Gedung adalah perkiraan jumlah anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan pekerjaan gedung dan sudah termasuk PPN 11%. Didalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Gedung terdapat jumlah volume pekerjaan dalam 1 periode. Nah, volume pekerjaan ini dihitung pada sheet terpisah yang dinamakan back up volume.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat RAB dan Back Up Volume Gedung Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "RAB Dan Back Up Volume Gedung Format Excel Gratis"