Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel

Perhitungan-Sheet-Pile-Baja-Format-Excel
Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Memuat…

Pengertian Sheet Pile Baja 

Sheet pile baja (steel sheet pile) adalah lembaran baja dengan panjang, lebar dan ketebalan tertentu. Sheet pile baja dipasang dengan cara ditancapkan ke tanah menggunakan alat khusus pada kedalaman tertentu yang bertujuan untuk pengaman tahanan tanah. Sheet pile baja disusun berjajar menyerupai tembok.
 
Gaya-gaya lateral yang bekerja pada dinding sheet pile meliputi tekanan tanah aktif dan tekanan tanah pasif, beban terbagi rata diatas permukaan timbunan, ketidakseimbangan muka air tanah di kedua sisi sheet pile, gaya gempa, gaya benturan gelombang, gaya tarik kapal dan lain-lainnya. 
(Hardiyatmo, H., C., 2008)

Sifat-Sifat Sheet Pile Baja

Sheet pile baja adalah jenis paling umum yang digunakan, baik digunakan untuk bangunan permanen atau sementara karena beberapa sifat-sifatnya sebagai berikut:

1. Tahan terhadap tegangan dorong tinggi yang dikembangkan di dalam bahan keras atau bahan batuan.

2. Mempunyai berat relatif yang tinggi.

3. Dapat dipakai berulang-ulang.

4. Umur pemakaiannya cukup panjang baik di atas maupun di bawah air dengan perlindungan sederhana menurut NBS (1962) yang meringkaskan data tentang sejumlah tiang pancang yang diperiksa setelah pemakaian yang berlangsung lama.

5. Mudah menambah panjang tiang pancang dengan mengelas maupun dengan memasang baut.

6. Sambungan-sambungan sangat sedikit mengalami deformasi bila di desak penuh dengan tanah dan batuan selama pemancangan.

Fungsi Sheet Pile

Fungsi sheet pile adalah;

a. Struktur penahan tanah, misalnya pada tebing jalan raya atau tebing sungai.

b. Struktur penahan tanah pada galian.

c. Konstruksi bangunan yang cocok pada saat kondisi tanah kurang mampu untuk mendukung dinding penahan tanah.

Download Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 


Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Sheet pile baja (steel sheet pile) adalah lembaran baja dengan panjang, lebar dan ketebalan tertentu. Sheet pile baja memiliki sifat-sifat dan fungsi utama sebagai penahan tanah.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Sheet Pile Baja Format Excel"