Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel

Perhitungan-Kolom-Komposit-Eurocode-Format-Excel
Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Memuat…

Pengertian Kolom Komposit

Kolom komposit adalah suatu kolom yang berasal dari 2 material yaitu beton dan baja. Dengan menggunakan material baja ini selain dapat mengurangi masalah bagi lingkungan juga proses pengerjaannya yang terbilang lebih cepat dari konstruksi beton bertulang biasa. Selain itu kolom komposit yang sangat berdekatan yang dihubungkan dengan balok dapat digunakan disekeliling luar gedung bertingkat tinggi untuk menahan beban lateral.
 
Kolom komposit dapat digunakan baik pada gedung bertingkat rendah (gudang, tempat parkir, dll) dan maupun pada gedung bertingkat tinggi. 

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka (frame) struktural yang memikul beban dari balok. Kolom meneruskan beban-beban dari elevasi atas ke elevasi yang lebih bawah hingga akhirnya sampai ke tanah melalui pondasi.

Keuntungan Kolom Komposit

Keuntungan utamanya yang didapat dengan mendesain kolom sebagai kolom komposit adalah kapasitas menahan beban yang besar meskipun dengan penampang yang kecil. Khusus untuk kolom komposit dengan penyelimutan beton juga membawa keuntungan lain, yaitu :
1. Ketahanan terhadap api dan korosi yang lebih baik dibandingkan kolom baja biasa.
2. Efek penguatan dalam melawan tekuk.
3. Kemampuan kolom komposit memikul beban aksial dan lentur lebih besar dibandingkan kolom beton bertulang. 

Perhitungan-Kolom-Komposit-Eurocode-Format-Excel-01
Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel 01

Download Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung saja dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Kolom komposit adalah suatu kolom yang berasal dari 2 material yaitu beton dan baja. Kolom komposit dapat digunakan baik pada gedung bertingkat rendah (gudang, tempat parkir, dll) dan maupun pada gedung bertingkat tinggi. Keuntungan utamanya yang didapat dengan mendesain kolom sebagai kolom komposit adalah kapasitas menahan beban yang besar meskipun dengan penampang yang kecil.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Kolom Komposit Eurocode Format Excel"