Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08

Perhitungan-Balok-Beton-Bertulang-ACI318-08-Format-Excel
Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08 Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08 Reinforced Concrete Beam Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Memuat…

Pengertian Balok Beton Bertulang (Reinforced Concrete Beam)

Balok beton bertulang adalah suatu elemen konstruksi yang terbuat dari campuran pasir, semen, agregat, air dan besi tulangan. Baja tulangan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan beton jika nantinya terjadi gaya tarik. Balok beton bertulang banyak ditemukan pada konstruksi bangunan rumah, bangunan jembatan dan lain sebagainya.
 
Pada konstruksi bangunan rumah, balok mempunyai peranan untuk menerima beban dari atas balok dan diteruskan ke kolom. Dan dari kolom diteruskan ke pondasi.

Beton Bertulang (Reinforced Concrete)

Beton bertulang tidak hanya digunakan pada balok saja, bisa juga diterapkan pada kolom, dan pondasi. Tujuan adanya tulangan pada beton adalah untuk menambah kekuatan dan juga kekokohan dari beton.
Untuk konstruksi yang kuat, ulet, dan tahan lama, tulangan perlu memiliki berbagai karakter sebagai berikut :
a. Kekuatan relatif tinggi
b. Toleransi tinggi terhadap regangan tarik
c. Ikatan yang baik dengan beton, kelembaban, dan faktor-faktor serupa
d. Tidak menyebabkan tekanan yang menyebabkan ekspansi dalam menanggapi perubahan suhu.
e. Daya tahan yang baik pada berbagai lingkungan

Keuntungan Beton Bertulang

Beton bertulang memiliki kekuatan tekan yang tinggi dibandingkan bahan bangunan lainnya. Hal ini dikarenakan tulangan yang disediakan, dapat menahan tegangan tarik. Karakter ini memberikan lebih banyak keuntungan, seperti :
a. Karena beton bertulang dapat dibentuk sesuai bentuk apa pun, beton ini banyak digunakan dalam komponen struktural pracetak 
b. Beton bertulang adalah bahan konstruksi yang paling ekonomis untuk struktur bendungan, dermaga dll
c. Tahan api dan cuaca
d. Sistem bangunan beton bertulang lebih tahan lama dibandingkan sistem bangunan lainnya
e. Biaya pemeliharaan beton bertulang (Reinforced concrete) sangat rendah.
 
Perhitungan-Balok-Beton-Bertulang-ACI318-08-Format-Excel-01
Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08 Format Excel 01

Download Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08 (Reinforced Concrete Beam) Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Balok beton bertulang (Reinforced Concrete Beam) merupakan elemen konstruksi yang digunakan dalam struktur bangunan rumah, jembatan, stadion dan lain sebagainya. Balok beton bertulang lebih berperan dalam menerima gaya tekan bila dibandingkan dengan balok baja. Mutu beton dan mutu baja sangat berpengaruh pada kekuatan dari balok beton itu sendiri. Untuk itu agar tidak terjadi kegagalan konstruksi perlu dihitung analisa pembebanan dan kekuatan dari struktur bangunan.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08 Reinforced Concrete Beam Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Balok Beton Bertulang ACI318-08"