Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tabel Berat Baja Format Excel

Tabel-Berat-Baja-Format-Excel
Tabel Berat Baja Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Tabel Berat Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Baja

Baja adalah jenis logam yang berasal dari paduan beberapa unsur termasuk unsur besi dan karbon. Unsur karbon berfungsi meningkatkan kualitas baja dalam hal daya tarik (tensile strength) dan kekerasan (hardness), namun disisi lain membuat getas (brittle) dan menurunkan kekuatan (ductility).
 
Dalam dunia konstruksi, baja sudah banyak digunakan dalam pembangunan konstruksi misalkan untuk jembatan, gedung, jalan layang dan lain sebagainya. Agar baja tidak mudah mengalami korosi, ditambahkan unsur kromium sehingga membentuk oksida yang keras pada permukaan baja, baja ini dikenal dengan stainless steel.

Jenis atau Macam Profil Baja

Dalam dunia konstruksi ada beberapa jenis atau macam profil baja yang digunakan, yaitu :
1. Wide Flange (WF)
merupakan baja yang memiliki kekuatan tarik dan daya tekan yang tinggi. Bahan ini merupakan elemen sempurna bagi material konstruksi karena mampu menahan tarikan serta tekanan aksial.
 
2. H Beam
Baja yang menyerupai huruf "H" dengan ukuran lebar dan kuping sama. Baja profil ini digunakan sebagai bahan konstruksi rangka gedung, jembatan, pembuatan kapal dan lain-lain.
 
3. Baja Siku
Baja profil siku biasa digunakan untuk member pada truss, bracing, balok, dan struktur ringan lainnya.
 
4. I Beam
Baja Profil I biasa digunakan untuk balok, kolom, tiang pancang, top dan bottom chord member pada rangka kuda-kuda, kantilever kanopi, dan lain-lain.
 
5. Baja Kanal
Baja Profil Canal C biasa digunakan untuk gording, member pada truss, dan rangka komponen arsitektural. 
 
Tabel-Berat-Baja-Format-Excel 01
Tabel Berat Baja Format Excel 01

Perhitungan Tabel Berat Baja Format Excel

Berat baja adalah bobot dari profil baja dalam satuan kilogram (kg). Dalam merencakan struktur konstruksi baja perlu perhitungan yang akurat agar aman ketika pelaksanaan. Nah, untuk menghitung struktu baja perlu berat dari baja itu sendiri. Tiap profil baja memiliki berat masing masing antara satu dengan lainnya berbeda.
 
Berat tiap profil baja bisa dihitung menggunakan dua cara. Cara yang pertama dihitung menggunakan pendekatan rumus. Rumus yang dimaksud adalah rumus volume baja lalu dikalikan dengan berat jenisnya. Cara yang kedua menggunakan tabel. Cara ini mungkin lebih praktis karena tidak perlu menghitung, hanya tinggal melihat ditabel saja.

Download Tabel Berat Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Berat baja bisa dicari menggunakan dua cara. Cara pertama dengan menghitung volume baja lalu dikalikan dengan berat jenisnya. Cara kedua dengan melihat tabel berat baja. Tabel baja memudahkan dalam melihat berat dari tiap tiap profil baja. Tapi untuk melihat berapa beratnya tentu harus punya tabel baja itu sendiri.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Tabel Berat Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Tabel Berat Baja Format Excel"