Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel

Perhitungan-Plat-Lantai-Jembatan-AASHTO-LRFD-Format-Excel
Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Pelat Lantai Jembatan

Plat beton (concrete slabs) adalah suatu benda padat berbentuk lempengan yang terbuat dari campuran komposisi semen, agregat halus, agregat kasar, air dan baja tulangan. Pelat beton (concrete slabs) merupakan elemen struktural yang menerima beban hidup dan beban mati pada lantai yang selanjutnya akan disalurkan ke balok dan abutmen sampai ke struktur bawah.
 
Lantai kendaraan adalah jalur lalu lintas dan bagian-bagian pemikul yang meneruskan beban pada konstruksi utama. Plat lantai jembatan harus dirancang untuk memungkinkan kelancaran lalu lintas. Di jalan beraspal, struktur pelat transisi harus ditempatkan di antara pendekatan jalan dan abutment jembatan. 
 
Adapun dalam membangun jembatan perlu kiranya juga direncanakan plat lantai agar didapat ukuran yang sesuai dan tahan terhadap beban-beban yang bekerja diatasnya, sehingga dapat suatu plat lantai yang aman dan kokoh untuk jembatan tersebut.

Fungsi Plat Lantai Jembatan

Plat lantai jembatan merupakan salah satu elemen jembatan yang masuk dalam bangunan struktur atas jembatan. Fungsi atau kegunanaan dari plat lantai jembatan adalah sebagai jalur lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Pada plat lantai jembatan terdapat 2 elemen yaitu lantai kendaraan dan trotoar. Lantai kendaraan berfungsi untuk jalur lalulintas kendaraan, sedangkan trotoar untuk perlintasan pejalan kaki. Trotoar memang dibuat lebih tinggi dari lantai kendaraan, agar pejalan kaki aman terhadap lalulintas kendaraan.
 
Lantai kendaraan bisa terbuat dari 3 jenis material, yaitu kayu, beton dan baja. Pemilihan system lantai kendaraan ini dipengaruhi oleh faktor kualitas permukaan jalan, drainase, berat lantai, lamanya pembuatan dan termasuk pemeliharaannya. Lantai kenderaan harus mempunyai drainase yang baik untuk membuang air hujan secepat mungkin. Drainase pada lantai jembatan berupa pipa dengan diameter 3" dan panjang 1.5 meter. Lantai kendaraan dibuat dengan kemiringan tertentu untuk memudahkan aliran air hujan masuk kedalam lubang drainase.

Perencaan Plat Lantai Jembatan

Untuk merencanakan pelat beton betulang yang perlu dipertimbangkan tidak hanya pembebanan, tetapi juga ukuran dan syarat – syarat tumpuan pada tepi. Syarat–syarat tumpuan menentukan jenis peletakan dan jenis penghubung ditempat tumpuan. Bila plat dapat berotasi beban pada tumpuan, maka plat itu dikatakan “ ditumpu bebas “ yang menyatakan sebuah plat tertumpu oleh tembok bata. Bila tumpuan mencegah plat berotasi dan relative sangat kaku terhadap momen puntir, maka plat itu ‘terjepit penuh‘ dimana plat itu adalah monolit (menyatu) dengan balok yang tebal.
 
Selain mencegah atau memungkinkan terjadinya rotasi, tumpuan mungkin dapat atau tidak mengijinkan lendutan. Bila tidak mungkin terjadi lendutan pada tumpuan, yaitu bila tumpuan merupakan sebuah dinding atau balok yang kaku, dikatakan bahwa plat itu “tertumpu kaku “.
 
Beban yang bekerja pada plat lantai kendaraan akan menimbulkan gaya yang dapat merusak konstruksi tersebut, sehingga untuk melawan gaya yang bekerja pada plat tersebut direncanakan suatu konstruksi plat dan penulangan yang dapat melawan gaya tersebut. 
 
Pendistribusian gaya akibat roda kendaraan ini adalah untuk memperhitungkan geser pons yang terjadi pada lantai kendaraan. Sebuah beban terpusat (P) pada suatau plat akan menyebabkan tegangan – tegangan geser pada suatu tampang disekitar beban.
 
Tulangan yang direncanakan harus mampu menahan tegangan – tegangan yang ditimbulkan oleh beban – beban yang bekerja terhadap konstruksi yang diberikan tulangan. Setelah momen (Mu) pada sebuah penampang diketahui, kemudian diperkirakan ukuran penampang beton b dan h. Selanjutnya mutu beton dan baja ditentukan, maka jumlah tulangan yang diperlukan dapat dihitung. 
 
Perhitungan-Plat-Lantai-Jembatan-AASHTO-LRFD-Format-Excel-01
Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel 01

Download Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Plat lantai jembatan merupakan salah satu elemen jembatan yang masuk dalam bangunan struktur atas jembatan. Plat lantai jembatan berfungsi sebagai jalur lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Pemilihan system lantai kendaraan ini dipengaruhi oleh faktor kualitas permukaan jalan, drainase, berat lantai, lamanya pembuatan dan termasuk pemeliharaannya. Untuk merencanakan pelat beton betulang yang perlu dipertimbangkan tidak hanya pembebanan, tetapi juga ukuran dan syarat – syarat tumpuan pada tepi.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Plat Lantai Jembatan AASHTO LRFD Format Excel"