Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Baja Format Excel

Perhitungan-Gording-Baja-dan-Ikatan-Angin-Baja-Format-Excel
Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Baja Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Gording dan Ikatan Angin Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Gording

Gording Baja adalah komponen atap dari material baja yang menumpu pada kuda kuda atap. Gording memiliki peranan yang sangat penting sebagai tumpuan daripada usuk atap dan reng atap. sedangkan reng atap sebagai tumpuan daripada genting atau penutup atap.
 
Gording memiliki peranan yang sangat vital dalam menopang dan menahan beban atap secara keseluruhan. Untuk itu pemilihan material dan dimensi gording sangat menentukan kekuatan dari konstruksi atap. Sebelum pelaksanaan konstruksi atap dari baja, perlu dilakukan perhitungan analisa dari setiap bagian bagian atap termasuk pada gording atap.

Fungsi Gording Baja

Sebelum berlanjut ke perhitungan gording baja, alangkah baiknya mengetahui kegunaan atau fungsi dari gording baja.
Beberapa fungsi gording baja adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pengikat antar kuda kuda
2. Sebagai penopang dan menahan beban atap (beban hidup, beban mati dan beban angin)
3. Sebagai tempat meletakkan rangka talang
4. Sebagai tempat mengaitkan rangka plafon

Pengertian Ikatan Angin Baja/ Tie Rod Bracing

Ikatan angin atau tie rod bracing adalah komponen dari atap yang dipasang untuk mengikat antara kuda kuda baja dengan gording. Batang pengikat dapat dihubungkan pada ujungnya dengan berbagai cara, tetapi kekuatan sambungan harus setidaknya sama dengan kekuatan batang. 
 
Pada konstruksi struktur atap baja tidak akan lepas dengan pemasangan ikatan angin. Setiap rangka atap baja akan menerima beban angin, dan beban angin akan berpengaruh kepada kekuatan konstruksi atap. Oleh karena itu dengan memasang ikatan angin atau tie rod bracing diharapkan konstruksi atap tetap kokoh meskipun menerima hembusan angin kencang.

Perhitungan-Gording-Baja-dan-Ikatan-Angin-Baja-Format-Excel-01
Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Baja Format Excel 01

Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Format Excel

Perhitungan Gording Baja
Alur Perhitungan Gording Baja yang akan sipilgo bagikan adalah sebagai berikut :
A. Data Profil Baja
Data Profil Baja berisi faktor reduksi kekuatan lentur, faktor redusksi kekuatan geser, diameter gording, jarak antar gording, panjang gording dan sudut miring atap.
 
B. Section Properties / Detail Bagian
Section Properties / Detail Bagian berisi tentang modulus geser, konstanta puntir torsi, konstanta puntir lengkung dan tinggi bersih badan.
 
C. Perhitungan Kekuatan Gording 
Perhitungan kekuatan gording baja dihitung secara urut menjadi sembilan tahapan yaitu :
1. Beban pada gording
Beban pada gording berisi tentang beban mati total (berat sendiri gording dan atap baja). Beban hidup terdiri dari beban air hujan, beban pekerja  dan beban merata kibat air hujan.
 
2. Beban terfaktor
Beban terfaktor berisi tentang beban merata terhadap sumbu x dan y, beban terpusat terhadap sumbu x dan y, sudut miring atap.
 
3. Momen dan gaya geser akibat beban terfaktor
Momen dan gaya geser akibat beban terfaktor berisi tentang panjang bentang gording terhadap sumbu x dan y, momen akibat beban terfaktor terhadap sumbu x dan y, gaya geser akibat beban terfaktor terhadap sumbu x dan y.
 
4. Momen nominal pengaruh local buckling
Momen nominal pengaruh local buckling berisi tentang batas kelangsingan maksimum untuk penampang compact dan non compact, momen plastis terhadap sumbu x dan y, momen batas tekuk terhadap sumbu x dan y.
 
5. Momen nominal pengaruh lateral buckling
Momen nominal pengaruh lateral buckling berisi tentang panjang bentang maksimum balok yang mampu menahan momen plastis, panjang minimum balok yang tahanannya ditentukan oleh momen kritis tekuk torsi lateral, momen nominal terhadap sumbu x dan sumbu y yang digunakan. 
 
6. Tahanan momen lentur
Tahanan momen lentur berisi tentang momen nominal terhadap sumbu x berdasarkan pengaruh local bucking, lateral bucking dan tahanan lentur terhadap sumbu x. Momen nominal terhadap sumbu y berdasarkan pengaruh local bucking, lateral bucking dan tahanan lentur terhadap sumbu y.
 
7. Tahanan geser 
Tahanan geser berisi tentang syarat ketebalan plat badan tanpa pengaku, luas penampang badan, luas penampang sayap, gaya geser akibat beban terfaktor terhadap sumbu x dan sumbu y.

8. Kontrol interaksi geser dan lentur
Kontrol interaksi geser dan lentur berisi tentang syarat yang harus terpenuhi untuk interaksi geser dan lentur. 
 
9. Tahanan tarik
Tahanan tarik berisi tentang beban merata terfaktor pada gording, beban terpusat terfaktor pada gording, gaya tarik pada gording akibat beban terfaktor, tegangan leleh baja, tegangan tarik putus, Tahanan tarik gording berdasarkan luas penampang bruto dan Tahanan tarik gording berdasarkan luas penampang efektif.

Download Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
Apabila ingin melihat secara detail perhitungannya seperti apa, dapat dilihat pada video dibawah ini.
 

File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Gording dan Ikatan Angin Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat. 

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Gording Baja dan Ikatan Angin Baja Format Excel"