Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Balok Baja Format Excel

Perhitungan-Balok-Baja-Format-Excel
Perhitungan Balok Baja Format Excel
 
Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Balok Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 

Pengertian Balok Baja

Balok baja adalah suatu elemen baja yang menerima beban terpusat maupun merata. balok baja bisa dikatakan lebih praktis dan memiliki kuat tarik yang baik, sehingga banyak digunakan dalam konstruksi gedung, jembatan dan lain sebagainya.

Keuntungan dari balok baja adalah mempunyai kekuatan tinggi, keseragaman dan keawetan yang tinggi, elastis, daktilitas tinggi, dan lebih mudah dalam pengerjaan. Namun kondisi balok saat terbebani tergantung dari profil yang dipilih. Analisis yang dilakukan adalah pengecekan kelangsingan profilnya, apakah profilnya kompak, tak kompak atau profil terlalu kuat sehingga kurang ekonomis dan dapat diganti dengan profil lain yang lebih sesuai. 
 
Setelah terpenuhi kondisi lenturnya maka berikutnya adalah tahanan gesernya, tahanan geser akan lebih menentukan pada bentang yang lebih pendek.

Perhitungan Balok Baja

Berdasarkan pengaku badan perhitungan baja dibedakan menjadi dua kategori yaitu:
 
1. Perhitungan balok baja dengan pengaku badan
balok baja dengan pengaku badan adalah balok baja yang diberi pengaku pada badan baja, baja vertikal. berfungsi untuk memberikan perkuatan pada balok baja. 
 
Penambahan pengaku ini hanya bernilai efektif dalam perbandingan spasi antar pengaku tiga kali tinggi balok. Perbandingan efektif ketebalan balok terhadap ketebalan sayap adalah setengahnya. Sedangkan ketebalan pengaku yang efektif adalah sama dengan ketebalan balok. 
 
Perilaku tegangan akan menurun karena terdistribusi oleh sekat yang dibuat oleh pengaku. Dengan demikian penambahan pengaku efektif dalam mencegah buckling.
 
2. Perhitungan balok baja tanpa pengaku badan
balok baja tanpa pengaku badan adalah balok baja yang tidak diberi pengaku pada badan baja, baja vertikal. Tegangan balok tanpa pengaku badan hanya terfokus pada titik-titik kritis yaitu titik tumpuan dan titik pembebanan.
 
Perhitungan-Balok-Baja-Format-Excel-01
Perhitungan Balok Baja Format Excel 01

Download Perhitungan Balok Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 

File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Balok Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

2 comments for "Perhitungan Balok Baja Format Excel"

  1. gan passwordnya salah, apa bisa dicek kembali?

    ReplyDelete
  2. Sudah sya coba, bisa om.. kalo terjadi error ketika diekstrak. maka solusinya adalah update aplikasi winrar. semua file di sipilgo memakai winrar 6.11. solusi jga sdah ditulis pada navibar contact us. terimakasih

    ReplyDelete