Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel

Perhitungan-Rangka-Atap-Baja-Tipe-2-Excel
Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Rangka Atap Baja

Rangka atap baja adalah rangkaian material baja yang saling menghubungkan menjadi rangkaian tertentu dan diikat menggunakan baut. Rangka atap mempunyai peranan penting untuk menerima beban dari beban beban diatasnya, seperti gording, usuk, reng dan penutup atap.

Pemasangan rangka atap baja harus dipasang oleh orang yang sudah ahli dibidangnya, mengingat tidak semua orang dapat membuat atau memasang rangka atap baja. Ada kejadian kegagalan konstruksi ketika pemasangan rangka atap baja, dikarenakan orang yang memasang kurang ahli dan perhitungan. 
 
Dampak atau resiko akibat kegagalan konstruksi tentu sangat besar. Ketika terjadi kegagalan konstruksi ada kerugian yang didapat, dari kerugian biaya, waktu, peralatan dan orang atau pekerja. Belum lagi ketika ada yang meninggal dunia saat insiden kegagalan konstruksi. Pihak pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan rangka atap baja akan berurusan dengan aparat hukum terkait meninggalnya seseorang akibat kegagalan konstruksi. Dan ini sangat tidak nyaman.

Fungsi Rangka Atap Baja

Rangka atap baja memiliki fungsi sama seperti rangka atap kayu, yaitu sebagai penopang atau menerima beban diatasnya dan meneruskan beban kebawah. Beban yang dimaksud adalah beban mati, beban hidup, beban angin dan beban air hujan. Rangka atap dari bahan material baja memiliki kekuatan yang lebih dibanding dengan rangka atap dari bahan kayu. Sekarang bahan material baja mudah didapat, banyak toko material yang menjualnya dengan harga bervariasi.

Kelebihan Rangka Atap Baja

Setiap material bangunan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Jenis material bangunan ada karena proses perkembangan ilmu dan teknologi dari waktu ke waktu. Suatu saat akan muncul material yang baru lagi dalam dunia konstruksi.

Seperti halnya rangka atap baja ada, karena proses perkembangan ilmu dan teknologi dibidang konstruksi. Berikut ini kelebihan rangka atap baja menurut versi sipilgo :
1. Material baja tergolong memiliki bobot berat dan struktur kuat, sehingga dapat digunakan pada bentang panjang.

2. Rangka atap baja memiliki kandungan karbon yang tinggi sehingga memiliki kekuatan tarik yang baik dan kekerasan yang lebih.
 
3. Rangka atap baja memiliki daya tahan lebih lama karena tidak dimakan rayap dan tidak lapuk sehingga masa waktu manfaatnya menjadi lebih lama.
 
4. Rangka atap dari material baja dapat dibuat menggunakan berbagai macam bentuk profil serta ukuran yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. 

Kekurangan Rangka Atap Baja

Seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa material bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Nah, berikut ini beberapa kekurangan rangka atap baja menurut versi sipilgo :
1. Rangka atap yang menggunakan material baja relatif lebih mahal, sehingga masyarakat jarang memakai rangka atap dari bahan baja.
 
2. Memiliki bobot yang lebih berat dibanding material dari kayu, sehingga memerlukan alat bantu untuk mengangkat dan memasangnya. Alat bantu berupa alat berat untuk angkat, misalkan crane.

3. Pelaksanaan rangka atap dari bahan baja harus dipasang oleh orang yang ahli dibidangnya untuk menghindari terjadinya kegagalan konstruksi.
 
Perhitungan-Rangka-Atap-Baja-Tipe-2-Excel-01
Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Excel 01

Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel

Alur Perhitungan Rangka Atap Baja Format Excel yang akan sipilgo bagikan adalah sebagai berikut :
1. Data Rangka Atap
Data rangka atap berisi tentang bentang rangka atap, tinggi kuda-kuda, sudut kemiringan kuda-kuda, jarak kuda-kuda atap dan kecepatan angin.

2. Rencana Gording
Rencana gording berisi tentang jarak gording, pembebanan gording, dimensi gording, kontrol tegangan dan kontrol lendutan.

3. Perhitungan Rangka Atap
Perhitungan rangka atap berisi tentang beban beban yang diperhitungkan (beban mati, beban hidup, beban angin dan air hujan), tegangan izin, gaya batang akibat beban mati, gaya batang akibat beban hidup, gaya batang akibat beban angin, kombinasi beban, kontrol tegangan.

4. Perhitungan Sambungan Buhul
Perhitungan sambungan buhul berisi tentang tegangan izin paku, kekuatan paku, jumlah paku, kontrol plat buhul, tegangan geser, tegangan tekan maksimum, tegangan idil.
 
5. Perhitungan Peletakan
Perhitungan peletakan berisi tentang data baut angker, tegangan geser akibat gaya lintang, tegangan desak, tegangan lentur akibat moment, kontrol terhadap lendutan.

Download Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Rangka atap dari material baja merupakan salah satu alternatif dalam membangun struktur rangka atap. Perlu pengalaman, pertimbangan, perhitungan yang matang dalam merencanakan dan melaksanakan struktur atap dari material baja. Perhitungan yang akurat merupakan langkah awal untuk mewujudkan konstruksi rangka atap baja yang aman, ekonomis dan kuat.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Download Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 2 Format Excel"