Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Jenis-Alat-Berat-Dan-Fungsinya
Jenis alat berat dan fungsinya

Alat berat adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan. Umumnya alat berat digunakan dalam pekerjaan konstruksi, seperti pembangunan jalan, gedung ataupun pertambangan yang memerlukan sumber daya baik manusia maupun mesin untuk membantu pekerjaan.

Klasifikasi Alat Berat

Klasifikasi Fungsional
Berdasarkan klasifikasi fungsional alat berat dibagi menjadi 7 macam, yaitu :
a. Alat Pengolah Lahan
b. Alat Penggali
c. Alat Pengangkut material
d. Alat Pemindah Material
e. Alat Pemadat
f. Alat Pemroses Material
g. Alat Penempatan Akhir Material

Klasifikasi Operasional
Berdasarkan klasifikasi operasional alat berat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
a. Alat Dengan Penggerak
Merupakan alat berat yang menerjemahkan hasil dari pergerakan oleh mesin menjadi kerja. Alat berat ini biasanya bekerjaan dengan melakukan perpindahan (Bergerak) dan memiliki roda baik roda kelabang (Crawler) maupun Roda Karet. Belt Conveyot termasuk jenis alat dengan penggerak

b. Alat statis
Merupakan alat berat melakukan pekerjaan diam di tempat/ tidak berpindah. Yang termasuk alat berat jenis ini umumnya berupa alat pemroses material, seperti Asphalt Mixing Plant, Concrete Batching Plant, Stone Cruser.

Jenis Alat Pengolah Lahan

Scraper
Scraper adalah alat berat yang digunakan untuk mengeruk, mengangkut, menabur dan mengupas lapisan tanah paling atas. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengangkut tanah dengan jarak relatif jauh.

Motor Grader
Motor Grader adalah alat berat yang digunakan untuk membentuk permukaan, pemerataan dan pemeliharaan area jalan tanah yang permukaannya berkerikil.

Cold Milling Machine
Cold Milling Machine adalah alat berat yang digunakan untuk mengupas lapisan aspal sebelum pelaksanaan lapis ulang (Overlay)

Jenis Alat Penggali

Excavator
Excavator adalah alat berat yang digunakan untuk melakukan penggalian hingga mengangkut muatan material ke dalam dump truck atau loading, hingga memecahkan batu atau breaker. Peranannya juga sangat penting dalam membantu berbagai pekerjaan berat seperti dalam bidang konstruksi, perkebunan, normalisasi sungai, pertambangan, dan berbagai sektor lain.

Front Shovel
Front Shovel sangat mirip dengan Excavator yang membedakan pada bucket. alat berat ini digunakan untuk menggali material di atas permukaan tanah.

Backhoe
Backhoe adalah alat berat yang digunakan untuk melakukan menggali dan meratakan tanah sekala kecil. Alat ini terdapat 2 fungsi dalam 1 alat, sebagai penggali dan sebagai pendorong/ meratakan tanah.

Dragline
Dragline adalah alat berat yang digunakan untuk melakukan menggaliadalah alat berat yang digunakan untuk melakukan menggali dan memindahkan material dalam kapasitas besar. Biasanya dibukan pada pekerjaan pertambangan.

ClamShell
ClamShell adalah alat berat yang digunakan untuk mengangkut material. Alat berat ini digunakan untuk mengerjakan material lepas, seperti pasir, kerikil, lumpur, dan semacamnya. Cara kerjanya adalah dengan mengisi bucket, mengangkat ke atas secara vertikal, kemudian diangkut menuju tempat yang dikehendaki untuk selanjuutnya ditumpahkan ke alat pengangkut lain atau untuk ditimbun.

Stone Breaker Excavator
Stone Breaker Excavator adalah alat berat yang digunakan untuk menggali material yang keras seperti batu pada tebing atau bukit. Alat ini cocok untuk galian batu dengan kekerasan batu lebih dari 12,5 Mpa.

Bore Pile Machine
Bore Pile Machine adalah alat berat yang digunakan untuk membuat lubang pada pondasi bore pile. Setelah tanah dasar dilubangi dengan kedalaman tertentu, tinggal dimasukkan besi tulangan dan di tuang beton segar.

Jenis Alat Pengangkut material

Dump Truck
Dump Truck adalah alat berat yang digunakan untuk mengangkut material dari suatu tempat ke tempat lain dengan kapasitas tertentu dan jarak angkut jauh.

Jenis Alat Pemindah Material

Whell Loader
Whell Loader adalah alat berat yang digunakan untuk memindahkan material dari suatu tempat ke alat pengangkut.

Bulldozer
Bulldozer adalah alat berat yang dilengkapi dengan pisau pendorong berfungsi untuk menarik tanah, meratakan tanah, mendorong tanah dan menimbun tanah.

Crane
Crane adalah alat berat yang digunakan untuk memindahkan material dari suatu tempat ke tempat lain dalam radius tertentu.

Jenis Alat Pemadat

Tandem Roller
Tandem Roller adalah alat berat yang digunakan untuk memadatkan campuran beraspal. Alat ini memiliki satu roda depan dan satu roda belakang dari baja.

Pneumatic Tired Roller
Pneumatic Tired Roller adalah alat berat yang digunakan untuk memadatkan campuran beraspal. Alat ini memiliki lima roda depan dan empat roda belakang dari karet.

Tree Whell Roller
Tree Whell Roller adalah alat berat yang digunakan untuk memadatkan material berbutir pada lapisan penetrasi. Alat ini memiliki satu roda depan dan dua roda belakang dari baja.

Vibratory Roller
Vibratory Roller adalah alat berat yang dilengkapi dengan penggetar berfungsi untuk memadatkan tanah dan agregat kasar. Alat ini memiliki satu roda depan dari baja dan dua roda belakang dari karet.

Jenis Alat Pemroses Material

Stone Crusher
Stone Crusher adalah mesin yang digunakan untuk mengolah batu besar menjadi agregat tertentu seperti agregat kasar, agregat halus dan abu batu.

Concrete Batching Plant
Concrete Batching Plant adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi beton segar.

Asphalt Mixing Plant
Asphalt Mixing Plant adalah alat berat yang digunakan untuk memproduksi campuran beraspal.

Jenis Alat Penempatan Akhir Material

Concrete Spreader
Concrete Spreader adalah alat berat yang dilengkapi dengan penggetar berfungsi untuk menghampar beton segar. Alat ini biasa digunakan pada perkerasan kaku atau Rigid Pavement.

Asphalt spayer
Concrete Spreader adalah alat berat yang digunakan untuk menyemprotkan aspal cair ke agregat berbutir yang sudah dipadatkan atau ke lapisan aspal.

Motor Grader
Motor Grader adalah alat berat yang digunakan untuk mendorong, membentuk dan meratakan agregat. Alat ini juga bisa merapikan dinding tebing (land clearing).

Asphalt Finisher
Asphalt Finisher adalah alat berat yang digunakan untuk menghampar dan meratakan campuran beraspal.

Pemilihan Alat Berat

Faktor yang mempengaruhi pemilihan alat berat adalah sebagai berikut:
a. Fungsi yang harus dilaksanakan
b. Kapasitas peralatan
c. Cara operasi
d. Pembatasan metode yang dipakai
e. Ekonomis
f. Jenis pekerjaan
g. Lokasi Pekerjaan
h. Jenis dan Daya dukung tanah
i. Kondisi Lapangan

Kesimpulan

Alat berat digunakan untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah pada waktu yang relatif lebih singkat. Namun demikian perlu mempertimbangkan dalam hal memilih jenis alat berat yang akan digunakan.

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

 Instagram  Youtube
 Telegram

Post a Comment for "25 Jenis Alat Berat Dan Fungsinya"