Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton

SNI 2496:2008 Spesifikasi Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton

Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Spesifikasi bahan tambahan pembentuk gelembung udara untuk beton ini adalah revisi dari SNI 03-2496-1991, Spesifikasi bahan tambahan pembentuk gelembung udara untuk beton. Perbedaan dengan SNI sebelumnya adalah tambahan-tambahan pada prakata, pendahuluan, ruang lingkup, acuan normatif, persyaratan umum, sebagian persyaratan pengambilan contoh, metoda uji, penolakan, pengepakan dan penandaan.

Bahan-Tambahan-Pembentuk-Gelembung-Udara-Untuk-Beton
Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton

SNI 2496:2008 Spesifikasi Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton
No. Urut
: 8
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 13 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 2496:2008
Sifat : GRATIS
 
Memuat…

Abstrak

Standar ini berisi ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, persyaratan umum, persyaratan keseragaman tambahan, persyaratan kinerja, pengambilan contoh, metode uji, penolakan, pengepakan dan penandaan.

Standar ini disusun sebagai acuan bagi pelaksana lapangan dalam pemakaian bahan tambahan pembentuk gelembung udara untuk beton. Bahan tambahan pembentuk gelembung udara untuk beton merupakan bahan tambahan dalam campuran beton, sehingga didapatkan sifat-sifat khusus dari beton dan juga dapat untuk mengetahui kriteria bahan tambahan yang cocok untuk campuran beton.

Ruang Lingkup

Spesifikasi ini mencakup bahan-bahan yang diusulkan untuk digunakan sebagai bahan tambahan pembentuk gelembung udara yang ditambahkan ke dalam campuran beton di lapangan. 

Satuan standar yang digunakan adalah  Standar Internasional  (SI).
Spesifikasi ini dan catatan ini menerangkan mengenai bahan-bahan. Catatan ini (mencakup tabel dan gambar) tidak harus dipertimbangkan sebagai persyaratan standar.

Acuan Normatif

SNI 15-2049-1994, Semen portland
ASTM C 233, Test method for air-entraining admixtures for concrete
ASTM C 185, Test Method for air content of hydraulic cement mortar
ASTM C 260-01,

Istilah dan Definisi

Bahan tambahan pembentuk gelembung udara adalah bahan yang digunakan  sebagai bahan beton, yang ditambahkan segera ke dalam campuran beton sebelum atau selama pencampuran, untuk membentuk gelembung udara
Contoh grab adalah contoh yang diperoleh dari sekali ambil operasi tunggal
Contoh komposit/ gabungan adalah contoh yang diperoleh dari 3 atau lebih contoh grab

Persyaratan Umum

Atas permintaan pembeli, pabrik harus mencantumkan secara tertulis bahan tambahan pembentuk gelembung udara yang disediakan untuk digunakan dalam suatu pekerjaan yang sama dalam konsentrasi, komposisi, dan kinerja pada bahan tambahan pembentuk gelembung udara  yang diuji sesuai spesifikasi ini.

Persyaratan untuk menetapkan komposisi atau persamaan kimia dari urutan (lot) berikutnya tidak tetap dengan urutan (lot) sebelumnya yang akan mempengaruhi uji kualitas dan persyaratan pada sub pasal 5 a) akan ditetapkan jika ada persetujuan antara pembeli dan pabrik. Atas permintaan pembeli, pabrik harus menyediakan prosedur uji IR spektrofotometer, pH, kadar padatan, untuk menetapkan kesamaan bahan dari urutan (lot) yang berbeda atau perbedaan campuran dari urutan (lot) yang sama.

Atas permintaan pembeli pabrik harus mencantumkan secara tertulis kadar khlorida yang terdapat dalam bahan tambahan pembentuk gelembung udara, atau tidak adanya khlorida yang ditambahkan ke dalam bahan tambahan selama pembuatan.

Persyaratan Keseragaman Tambahan

a. Satu seri dari 2 atau lebih contoh uji pada urutan (lot) pembuatan harus mempertimbangkan keseragaman yang digabungkan ke dalam contoh uji  tunggal untuk pengujian kualitas, yang memberikan perbedaan  tidak lebih dari  jumlah yang ditunjukkan dalam sub pasal  5 d).

b. Contoh uji selanjutnya atau contoh gabungan harus dipertimbangkan sesuai dengan persyaratan dalam pelaksanaan persyaratan ini, selama contoh gabungan tadi  berbeda dari  contoh aslinya, diuji terhadap sub pasal  6.1, hingga tidak lebih dari jumlah yang tercantum pada sub pasal 5 d), dan  melengkapi pilihan tambahan lainnya, seperti pengujian IR spektroskopi  dan absorpsi sinar ultraviolet (UV), merujuk ke sub pasal 4 b), serta memenuhi  persyaratan.

c. Penentuan keseragaman harus dibuat sesuai dengan prosedur yang diberikan dalam bagian “Uji Cek Keseragaman” dan “Prosedur residu dengan cara pengeringan menggunakan oven” pada metoda uji ASTM C 233.

Perubahan Panjang

Setelah 14 hari pengeringan, perubahan panjang beton yang mengandung bahan tambahan tidak lebih dari 120% dari beton pembanding. Bila setelah 14 hari pengeringan, perubahan panjang dari beton pembanding lebih kecil dari 0,030%, perubahan panjang beton yang mengandung bahan tambahan tidak lebih besar  0,006% dari beton pembanding.

Pengambilan Contoh

a. Pembeli harus diberi kesempatan untuk pengambilan contoh dan pemeriksaan baik di pabrik maupun di lapangan sesuai yang ditentukan oleh pembeli.

b. Contoh uji harus salah satu, baik dari contoh grab maupun  contoh komposit (gabungan), seperti yang ditentukan atau ditetapkan oleh spesifikasi ini.. Contoh uji grab diperoleh dalam operasi tunggal. Contoh gabungan  diperoleh dari  3 atau lebih contoh grab.

c. Untuk tujuan  dari spesifikasi ini, akan  diambil untuk  2 alasan berikut ini.

Uji Kualitas
Contoh uji yang diambil untuk tujuan mengevaluasi kualitas sumber atau urutan pencampuran bahan tambahan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan spesifikasi ini adalah contoh-contoh yang digunakan untuk menetapkan kecocokan dengan persyaratan dari spesifikasi ini harus contoh komposit yang diambil dari contoh uji satu kali ambil grab dari lokasi yang cukup meyakinkan bahwa contoh komposit akan mewakili lot

Uji Keseragaman
Contoh yang diambil untuk mengevaluasi keseragaman dari lot tunggal atau dari lot yang berbeda dari sumber yang sama biasanya subyektif dari jumlah uji yang terbatas sebagai hasil dari persetujuan antara pembeli dan pabrik (lihat pasal 4). Untuk membandingkan contoh komposit dari individual lot bila lotnya berbeda tetapi dari sumber yang sama Contoh grab harus digunakan bila  keseragaman dari lot tunggal ditetapkan

Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Berupa Cair

a. Bahan tambahan berupa cair  harus segera  diaduk sebelum pengambilan contoh. Contoh uji grab yang diambil harus mewakili tidak lebih dari 9500 liter bahan tambahan dan harus mempunyai volume paling sedikit 1 liter untuk uji kualitas dan uji keseragaman. Minimum harus diambil dari 3 contoh uji grab. Contoh komposit harus disediakan dengan mencampur contoh uji grab yang terpilih dan hasil pencampuran paling sedikit 4 liter untuk uji kualitas. Contoh grab diambil dari lokasi yang berbeda.

b. Bahan tambahan yang penyimpanannya dalam tangki yang besar, pengambilan contohnya dari bagian atas, tengah, dan bawah dengan memakai pipa kran di bagian samping tangki atau dengan botol timbang yang dilengkapi dengan tutup yang dapat dipindahkan setelah botol di bawah sampai kedalaman yang diinginkan.

c. Contoh harus dibungkus dalam kontainer yang kedap, kedap udara, tahan terhadap serangan dari bahan tambahan.

Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Berupa Padatan

Contoh-contoh grab diambil untuk uji kualitas atau uji keseragaman yang akan mewakili tidak lebih dari 2 ton bahan tambahan dan mempunyai berat paling sedikit 1 kg. Minimum dari 4 contoh uji grab. Contoh komposit harus disediakan dengan cara mencampur langsung contoh-contoh uji grab yang terpilih dan contoh hasil pencampuran paling sedikit 2,5 kg. Contoh-contoh uji grab harus diambil dari lokasi yang berbeda dan akan didistribusikan secara baik dengan jumlah yang mewakili.

Metoda Uji

Tetapkan sifatnya satu persatu pada butir 6 sesuai dengan Metoda Uji ASTM C 233  tentang Test method for air-entraining admixtures for concrete. Ini direkomendasikan bahwa, bila dapat dipraktekan, pengujian dibuat sesuai dengan Metoda Uji Khusus ASTM C 233, diusulkan menggunakan semen untuk pekerjaan khusus.

Penolakan

a. Bahan tambahan pembentuk gelembung udara akan ditolak jika pembeli menginginkan, bila  ditemukan  satu atau beberapa persyaratan yang tidak memenuhi  spesifikasi ini.

b. Setelah pengujian selesai, bahan tambahan disimpan di pabrik lebih dari 6 bulan sebelum pengiriman, atau dalam penyimpanan lokal ditangan penjual lebih dari 6 bulan, bahan tambahan harus ditolak sebelum digunakan. Bahan tambahan harus ditolak , jika pembeli menginginkannya, bila ditemukan satu atau beberapa persyaratan yang tidak sesuai dengan spesifikasi ini.

c. Bahan tambahan yang dibungkus atau dalam kontainer jika beratnya  atau volumenya berubah lebih dari 5% dari berat atau volume yang ditentukan maka harus ditolak. Jika berat atau volume rata-rata dari 50 bungkus atau dalam kontainer  yang diambil secara acak lebih kecil dari yang ditetapkan, seluruh pengiriman harus ditolak.

Pengepakan Dan Penandaan

Nama pemilik bahan tambahan pembentuk gelembung udara dan berat bersih dalam kg atau liter harus jelas ditunjukkan dalam bungkus atau kontainer di mana bahan tambahan tersebut dikirim. Dianjurkan memberikan informasi yang sama dalam pengapalan atau pengiriman bahan tambahan dalam jumlah yang besar.

Download SNI 2496:2008 Spesifikasi Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton

Untuk mengunduh file, silahkan Sobat Sipilgo tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Kesimpulan

SNI 2496:2008 Spesifikasi bahan tambahan pembentuk gelembung udara untuk beton, berisi ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, persyaratan umum, persyaratan keseragaman tambahan, persyaratan kinerja, pengambilan contoh, metode uji, penolakan, pengepakan dan penandaan.

Post a Comment for "Bahan Tambahan Pembentuk Gelembung Udara Untuk Beton"