Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Excel| Sipilgo

Rangka Atap Baja adalah suatu konstruksi atap pada rumah atau gedung yang terbuat dari bahan baja yang diikat dengan baut. Rangka atap mempunyai peranan penting untuk menerima beban dari beban beban diatasnya, seperti gording, usuk, reng dan penutup atap.

Perhitungan-Rangka-Atap-Baja-Tipe-3-Excel
Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Excel

Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Excel
Kode : -
Bahasa : Bahasa Inggris
Halaman : 33 Halaman
Format : Ms. Excel
Sumber : Ir. Tamrin Nasution
Sifat : GRATIS

Rangka Atap Baja

Rangka atap baja memiliki fungsi sama seperti rangka atap kayu, yaitu sebagai penopang atau menerima beban diatasnya dan meneruskan beban kebawah. Beban yang dimaksud adalah beban mati, beban hidup, beban angin dan beban air hujan. Rangka atap dari bahan material baja memiliki kekuatan yang lebih dibanding dengan rangka atap dari bahan kayu. Sekarang bahan material baja mudah didapat, banyak toko material yang menjualnya dengan harga bervariasi.

Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Format Excel

Alur Perhitungan Rangka Atap Baja Format Excel yang akan sipilgo bagikan adalah sebagai berikut :
1. Data Rangka Atap
Data rangka atap berisi tentang bentang rangka atap, tinggi kuda-kuda, sudut kemiringan kuda-kuda, jarak kuda-kuda atap dan kecepatan angin.

2. Rencana Gording
Rencana gording berisi tentang jarak gording, pembebanan gording, dimensi gording, kontrol tegangan dan kontrol lendutan.

3. Perhitungan Rangka Atap
Perhitungan rangka atap berisi tentang beban beban yang diperhitungkan (beban mati, beban hidup, beban angin dan air hujan), tegangan izin, gaya batang akibat beban mati, gaya batang akibat beban hidup, gaya batang akibat beban angin, kombinasi beban, kontrol tegangan.

4. Perhitungan Sambungan Buhul
Perhitungan sambungan buhul berisi tentang tegangan izin paku, kekuatan paku, jumlah paku, kontrol plat buhul, tegangan geser, tegangan tekan maksimum, tegangan idil.
 
5. Perhitungan Peletakan
Perhitungan peletakan berisi tentang data baut angker, tegangan geser akibat gaya lintang, tegangan desak, tegangan lentur akibat moment, kontrol terhadap lendutan.

Download Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Format Excel

File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat hitung saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi dan peraturan yang berlaku. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih..

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Format Excel, semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Perhitungan Rangka Atap Baja Tipe 3 Excel| Sipilgo"