Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

SNI 19-6413-2000 Metode Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Di Lapangan Dengan Balon Karet

Metode ini mencakup penentuan kepadatan dan berat isi tanah hasil pemadatan di lapangan atau lapisan tanah yang teguh dengan menggunakan alat balon karet. Metode ini cocok digunakan untuk menguji urugan tanah di lapangan atau timbunan yang dipadatkan dari bahan tanah berbutir halus atau tanah berbutir kasar yang persentase kandungan batuan dan material kasarnya relatif kecil

Pengujian-Kepadatan-Berat-Isi-Tanah-Dengan-Balon-Karet
Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

SNI 19-6413-2000 Metode Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Di Lapangan Dengan Balon Karet
No. Urut
: 43
Bahasa : Bahasa Indonesia
Halaman : 9 Halaman
Format : Pdf
Sumber : Badan Standarisasi Nasional
Nomor : SNI 19-6413-2000
Sifat : GRATIS
 
Memuat…

Abstrak

Volume dari lubang tanah yang digali ditentukan dengan volume air yang mengisi balon karet tipis dan lentur. Balon ini akan mengembang mengisi lubang tanah yang diuji. Kepadatan basah yang diuji di lapangan ditentukan dengan membagi massa tanah basah yang diambil dari hasil galian lubang  dengan volume lubang. Kadar air kepadatan basah ditempat digunakan untuk menghitung kepadatn kering dan berat kering di lapangan.

Ruang Lingkup

Metode ini cocok digunakan untuk menguji urugan tanah di lapangan atau timbunan yang dipadatkan dari bahan tanah berbutir halus atau tanah berbutir kasar yang persentase kandungan batuan dan material kasarnya relatif kecil.

Metode ini juga dapat digunakan untuk menentukan kepadatan dan berat isi dan tanah di lapangan yang tidak terganggu, asalkan tanah tersebut tidak mengalami deformasi karena tekanan yang bekerja selama pengujian.

Metode ini tidak cocok untuk tanah organik, tanah jenuh air atau sangat plastis yang akan mengalami deformasi karena tekanan yang bekerja selama pengujian ini. Metode pengujian ini memerlukan perhatian khusus dalam penggunaan pada : 1) tanah yang terdiri dari materi berbutir lepas dan tidak terjaga kestabilan dinding lubang ujinya; 2) tanah yang banyak mengandung material kasar melebihi 37,5 mm; 3) tanah berbutir kasar yang mempunyai angka pori tinggi; atau 4) material urugan yang mengandung partikel bersisi tajam.

Standar ini tidak dimaksudkan untuk menyelesaikan semua masalah-masalah keselamatan, namun jika ada, maka disesuaikan penggunaannya. Pemakai standar ini bertanggung jawab untuk menerapkan cara-cara keselamatan dan kesehatan, dan menentukan terkecil dahulu batas-batas penerapan aturan yang digunakan.

Acuan Normatif

SNI 03-1742-1989, Metode Pengujian Kepadatan Ringan untuk Tanah
SNI 03-1743-1989, Metode Pengujian Kepadatan Berat  untuk Tanah
SNI 03-1965-1990, Metode Pengujian Kadar Air Tanah
D 653 Terminology Relating to Soil, Rock and Contained Fluids

Kegunaan Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

Metode ini dapat digunakan untuk menentukan kepadatan dan berat isi di lapangan pada timbunan tanah anorganik alami, campuran tanah-agregat, atau materi lain yang sama sifat keteguhannya

Metode ini dapat digunakan untuk menentukan kepadatan dan berat isi tanah yang dipadatkan pada konstruksi timbunan tanah, urugan jalan, dan urugan kembali. Metode ini sering digunakan sebagai dasar penerimaan pekerjaan pemadatan tanah yang telah dispesifikasikan atau terhadap persentase kepadatan maksimum atau berat isi tanah yang ditentukan oleh standar metode pengujian

Penggunaan metode ini umumnya dibatasi untuk tanah dalam kondisi tidak jenuh dan tidak direkomendasikan untuk tanah lunak atau tanah yang mudah berubah bentuk. Tanah-tanah demikian dapat mengalami perubahan volume selama penerapan tekanan pada saat pengujian

Metode ini tidak cocok untuk tanah yang mengandung fraksi-fraksi batuan pecah atau material-material dengan sisi tajam yang dapat menusuk balon karet sehingga bocor

Peralatan Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

Peralatan yang digunakan untuk pengujian kepadatan berat isi tanah dengan balon karet, yaitu :

1. Peralatan Balon

Peralatan balon merupakan tabung yang telah dikalibrasi berisi air yang di dalamnya dilengkapi dengan membran (balon karet) relatif tipis, lentur dan elastis yang didesain unuk pengukuran volume lubang uji dengan persyaratan dari metode ini. 

Sketsa peralatan ini dapat dilihat pada gambar 1. Alat ini harus dilengkapi dengan alat pompa tekan dan isap sehingga air dapat diisikan dan diisap dengan sempurna. Alat ini harus sedemikian sehingga berat dan ukurannya tidak menimbulkan gangguan terhadap galian dan sekitar lubang pengujian selama pelaksanaan pengujian. Alat harus dilengkapi dengan pengukur tekanan sebagai satu kesatuan alat lain untuk mengontrol tekanan selama kalibrasi dan pengujian. 

Persiapan untuk menempatkan beban pemberat harus dilakukan pada alat tersebut. Serta harus dilengkapi dengan indikator untuk menentukan volume lubang uji dengan ketelitian 1%. Membran yang lentur harus mempunyai ukuran dan bentuk sedemikian rupa sehingga dapat mengisi lubang uji secara sempurna tanpa kerutan atau lipatan bila digembungkan dalam lubang uji, dan kekuatan membran harus cukup kuat untuk menahan tekanan yang diperlukan untuk menjamin pengisian sempurna lubang uji tanpa ada air yang hilang. 

Pengeluaran membran dari lubang uji harus dilakukan dengan mengisap udara sehingga air kembali ke dalam tabung.

2. Pelat Dasar

Pelat logam kaku dipasang di bawah dasar peralata balon. Pelat dasar harus mempunyai ukuran minimum dua kali diameter ukuran lubang uji untuk mencegah perubahan bentuk lubang uji seaktu mendukung alat atau pembebanan.

3. Neraca

Neraca atau timbangan skala berkapasitas 10 kg dengan skala pembacaan setiap 1,0 g dan mempunyai ketelitian 2 g untuk kisaran massa dari 100 gr sampai 7000 g, dan 3 g untuk massa di atas 7000 g. Juga diperlukan neraca kapasitas 2000 g dengan skala pembacaan setiap 0,1 gr dengan ketelitian 0,1%.

4. Alat Pengering

Oven sesuai dengan SNI 03-1965-1990. Alat pengering lainnya dapat digunakan untuk evaluasi kadar air secara cepat jika disyaratkan (lihat butir 7.5).

5. Peralatan Lainnya

Peralatan lain yang diperlukan : pahat, sendok, kuwas dan obeng untuk menggali lubang uji, tas plastik, ember dengan tutupnya, atau wadah tahan lembab lainnya dengan tutup yang rapi untuk menampung tanah yang diambil dari lubang uji. Sekop dengan sisi lurus untuk meratakan dan menyiapkan tempat pengujian. Kalkulator untuk menghitung, dan beban pemberat jika diperlukan.

Prosedur Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

Persiapkan permukaan tanah yang akan diuji sehingga cukup datar dan rata. Tergantung dari kadar air dan tekstur tanah dan permukaannya dapat diratakan dengan bulldozer atau peralatan lainnya, asalkan daerah pengujian tidak berubah bentuk, memadat, pecah, atau gangguan lainnya.

Pasang pelat dasar dan peralatan balon karet pada lokasi pengujian. Dengan menggunakan tekanan dan pembebanan yang sama yang ditentukan pada waktu kalibrasi peralatan,  lakukan pembacaan awal pada indikator volume dan catat. Plat dasar harus tetap pada tempatnya sampai pengujian selesai.

Pindahkan peralatan dari lokasi lubang uji. Dan menggunakan sendok, trowel, dan alat lain yang perlu, gali lubang di dalam pelat dasar. Lakukan dengan hati-hati dalam menggali lubang uji agar tanah sekitar bibir atas lubang tidak terganggu. Lubang uji harus mempunyai volume minimum berdasarkan pada ukuran partikel maksimum tanah yang sedang diuji, seperti yang ditunjukkan pada tabel 1. Bila bahan yang sedang diuji mengandung sedikit bahan berukuran lebih besar, dan ditemui partikel-partikel besar secara terpisah, pengujian dapat dipindahkan pada lokasi yang baru.

Setelah lubang uji digali, tempatkan peralatan di atas pelat dasar pada posisi yang sama seperti pada waktu pembacaan awal. Berikan tekanan dan beban sama dengan yang digunakan pada waktu kalibrasi, lakukan pembacaan pada indikator volume dan catat. Perbedaan pembacaan awal dan akhir merupakan volume lubang uji Vh.

Tentukan massa semua tanah yang dipindahkan dari lubang uji dengan ketelitian 0,005 kg. Campur semua tanah secara sempurna dan pilih kadar air yang mewakili contoh uji dan tentukan kadar air menurut metode SNI 03-1965-1990. Metode cepat untuk penentuan kadar air dapat digunakan untuk memperoleh nilai pendekatan yang kemudian diperiksa atau dikoreksi menurut nilai yang diperoleh sesuai dengan metode uji pada SNI 03-1965-1990.

Laporan Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet

Laporan harus mencakup informasi sebagai berikut :
a. Lokasi pengujian
b. Elevasi lokasi pengujian
c. Volume lubang uji, (m3)
d. Kepadatan basah tanah setempat (Mg/m3)
d. Kepadatan kering tanah setempat (Mg/m3)
e. Berat isi kering di tempat (kN/m3)
f. Kadar air pada tanah yang ditunjukkan sebagai persentase massa kering.
g. Identitas peralatan uji dan tekanan yang digunakan
h. Komentar-komentar pada saat pengujian, seperti yang dapat diterapkan
i. Deskripsi tanah secara visual
j. Jika kepadatan kering atau berat isi di tempat ditunjukkan sebagai persentasi nilai yang lain, masukkan hal berikut :
- Identitas acuan metode yang digunakan.
- Perbandingan kepadatan kering maksimum atau berat isi dengan kadar air optimum yang digunakan
- Koreksi untuk partikel yang melebihi ukuran dan detail-detailnya, apabila dilakukan. 

Download SNI 19-6413-2000 Metode Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Di Lapangan Dengan Balon Karet

Untuk mengunduh file, silahkan Sobat Sipilgo tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma-cuma.

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Kesimpulan

SNI 19-6413-2000 Metode pengujian kepadatan berat isi tanah di lapangan dengan balon karet, Metode ini juga dapat digunakan untuk menentukan kepadatan dan berat isi dan tanah di lapangan yang tidak terganggu, asalkan tanah tersebut tidak mengalami deformasi karena tekanan yang bekerja selama pengujian.

Post a Comment for "Pengujian Kepadatan Berat Isi Tanah Dengan Balon Karet"