Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Rigid Pavement Format Autocad | Sipilgo

Gambar-Rigid-Pavement-Format-Autocad
Gambar Rigid Pavement Format Autocad
 

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Rigid Pavement Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Rigid Pavement

Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) adalah perkerasan jalan yang struktur perkerasan menggunakan beton, tie bar dan dowel. Perkerasan ini umumnya dipakai pada jalan yang memiliki kondisi lalu lintas yang cukup padat dan memiliki distribusi beban yang besar, seperti pada jalan-jalan lintas antar provinsi, jembatan layang (fly over), jalan tol, maupun pada persimpangan bersinyal.
 
Susunan pada perkerasan kaku (Rigid Pavement) terdiri dari Tanah dasar (Subgrade), Lapis Pondasi (Subbase) dan Lapisan Permukaan (Surface Course).
 
1. Tanah Dasar (Subgrade)
Tanah dasar adalah bagian dari permukaan badan jalan yang dipersiapkan untuk menerima konstruksi di atasnya yaitu konstruksi perkerasan. Tanah dasar ini berfungsi sebagai penerima beban lalu lintas yang telah disalurkan / disebarkan oleh konstruksi perkerasan. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam penyiapan tanah dasar (subgrade) adalah lebar, kerataan, kemiringan melintang keseragaman daya dukung dan keseragaman kepadatan.
 
2. Lapis Pondasi (Subbase)
Lapis pondasi ini terletak di antara tanah dasar dan pelat beton semen mutu tinggi, lapis pondasi ini sering disebut Land concrete. Fungsi utama dari lapisan ini adalah sebagai lantai kerja yang rata dan uniform. Apabila subbase tidak rata, maka pelat beton juga tidak rata. Ketidakrataan ini dapat berpotensi sebagai crack inducer.
 
3. Lapisan Permukaan (Surface Course)
Pada lapis permukaan menggunakan beton mutu tinggi, mutu beton berhubungan erat dengan jumlah LHR lalu lintas harian rata-rata yang melewati. Mengingat umur rencana pada rigid pavement (sesuai dengan Manual Perkerasan Jalan) adalah 40 tahun, maka perencanaan dan pelaksanaan harus mengacu pada mutu beton yang disyaratkan.

Jenis Rigid Pavement

Menurut SNI Pd-T-14-2003 perkerasan kaku (rigid pavement) beton semen
dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
1. Perkerasan beton semen bersambung tanpa tulangan (Jointed Unreinforced Concrete Pavement)
jenis perkerasan beton semen yang dibuat tanpa tulangan dengan ukuran pelat mendekati bujur sangkar, dimana panjang dari pelatnya dibatasi oleh adanya sambungan-sambungan melintang. Panjang pelat dari jenis perkerasan ini berkisar antara 4-5 meter.

2. Perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan Jointed Reinforced Concrete Pavement)
jenis perkerasan beton yang dibuat dengan tulangan, yang ukuran pelatnya berbentuk empat persegi panjang, dimana panjang dari pelatnya dibatasi oleh adanya sambungan-sambungan melintang. Panjang pelat dari jenis perkerasan ini berkisar antara 8-15 meter.

3. Perkerasan beton semen menerus dengan tulangan (Continuously Reinforced Concrete Pavement)
jenis perkerasan beton yang dibuat dengan tulangan dan dengan panjang pelat yang menerus yang hanya dibatasi oleh adanya sambungan-sambungan muai melintang. Panjang pelat dari jenis perkerasan ini lebih besar dari 75 meter. 

4. Perkerasan beton semen pra-tegang (prestressed concrete pavement)
jenis perkerasan beton menerus, tanpa tulangan yang menggunakan kabel-kabel pratekan guna mengurangi pengaruh susut, muai dan lenting akibat perubahan temperatur dan kelembaban.
Gambar-Rigid-Pavement-Format-Autocad-01
Gambar Rigid Pavement Format Autocad

Download Gambar Rigid Pavement Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Rigid Pavement Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) umumnya dipakai pada jalan yang memiliki kondisi lalu lintas yang cukup padat dan memiliki distribusi beban yang besar, seperti pada jalan-jalan lintas antar provinsi, jembatan layang (fly over), jalan tol, maupun pada persimpangan bersinyal. Susunan pada perkerasan kaku (Rigid Pavement) terdiri dari Tanah dasar (Subgrade), Lapis Pondasi (Subbase) dan Lapisan Permukaan (Surface Course).

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Rigid Pavement Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Rigid Pavement Format Autocad | Sipilgo"