Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Pondasi Tiang Format Excel

Perhitungan-Pondasi-Tiang-Format-Excel
Perhitungan Pondasi Tiang Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Analisis Pondasi Tiang Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Memuat…

Pengertian Pondasi Tiang

Pondasi tiang adalah suatu pondasi yang digunakan untuk menerima beban dari struktur atas ke sumbu tiang yang ditancapkan kedalam tanah dengan kedalaman tertentu. Pondasi tiang dibuat menjadi satu kesatuan yang monolit dengan menyatukan pangkal tiang pancang pancang yang terdapat di bawah konstruksi, dengan tumpuan pondasi.
 
Pondasi tiang digunakan untuk mendukung bangunan bila lapisan tanah kuat terletak sangat dalam. Pondasi tiang juga digunakan untuk mendukung bangunan yang menahan gaya angkat ke atas terutama pada bangunan-bangunan tingkat tinggi yang dipengaruhi oleh gaya-gaya penggulingan akibat beban angin.

Fungsi Pondasi Tiang

Pondasi tiang memiliki beberapa fungsi,diantaranya sebagai berikut ini :

1. Untuk meneruskan beban bangunan yang terletak di atas air atau tanah lunak, ke tanah pendukung yang kuat.

2. Untuk meneruskan beban ke tanah yang relatif lunak sampai kedalaman tertentu sehingga pondasi bangunan mampu memberikan dukungan yang cukup untuk mendukung beban tersebut oleh gesekan sisi tiang dengan tanah disekitarnya.

3. Untuk mengangker bangunan yang di pengaruhi oleh gaya angkat ke atas akibat tekanan hidrostatis atau momen penggulingan.

4. Untuk menahan gaya-gaya horizontal dan gaya yang arahnya miring.

5. Untuk memadatkan tanah pasir, sehingga kapasitas dukung tanah tersebut bertambah.

6. Untuk mendukung pondasi bangunan yang permukaan tanahnya mudah tergerus air.

Download Perhitungan Analisis Pondasi Tiang Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung saja dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Pondasi tiang adalah suatu pondasi yang digunakan untuk menerima beban dari struktur atas ke sumbu tiang yang ditancapkan kedalam tanah dengan kedalaman tertentu. Pondasi tiang juga digunakan untuk mendukung bangunan yang menahan gaya angkat ke atas terutama pada bangunan-bangunan tingkat tinggi yang dipengaruhi oleh gaya-gaya penggulingan akibat beban angin.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Analisis Pondasi Tiang Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Pondasi Tiang Format Excel"