Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Back Up Volume Pondasi Telapak Excel

Back-Up-Volume-Pondasi-Telapak-Format-Excel
Back Up Volume Pondasi Telapak Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Back Up Volume Pondasi Telapak Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Memuat…

Pengertian Back Up Volume Pondasi Telapak

Back up volume bore pile adalah rincian perhitungan volume beton dan baja tulangan dari pondasi telapak. Back up volume merupakan dokumentasi tertulis perihal tahapan volume yang diperlukan untuk membuat suatu pondasi telapak. Pelaksanaan suatu pekerjaan pondasi telapak dari 0% sampai 100% tercatat dan terdokumentasi menggunakan back up volume.

Dari Back up volume ini nantinya dapat diketahui progres pekerjaan yang sudah dilaksanakan dan merupakan salah satu dari syarat untuk melakukan pencairan dana (termin).

Menghitung Volume Beton Pondasi Telapak

Dasar acuan untuk menghitung volume adalah Gambar kerja. Dari gambar kerja dapat dilihat bentuk, ukuran pondasi dan dimensi tulangannya. Untuk menghitung volume beton pondasi telapak menggunakan rumus balok yaitu panjang x lebar x tinggi dengan satuan meter kubik. Contoh file perhitungan volume beton pondasi telapak bisa di unduh pada tulisan Download dan penjelasannya ada pada tulisan Preview dibawah ini.

Menghitung Volume Tulangan Pondasi Telapak

Tulangan pada pondasi telapak memiliki pengaruh terhadap kekuatan pondasi selain dari mutu beton. Nah, untuk menghitung volume baja tulangan maka perlu gambar ukuran pondasi telapak beserta detail tulangan. 
 
Contoh gambar pondasi telapak beserta detail tulangan

Back-Up-Volume-Pondasi-Telapak-Format-Excel-01
Back Up Volume Pondasi Telapak Format Excel 01

Cara menghitung volume tulangan pondasi bore pile
1. Buka aplikasi excel, lalu buat tabel untuk memudahkan dalam menghitung volume tulangan.

2. Isikan uraian pada kolom pada tabel excel, secara berurutan isinya : No, Sketsa Gambar, Diameter Jarak, Ukuran (M), panjang (M), Jumlah Potongan, Jumlah Panjang (m), Berat Satuan (Kg/m), Total Berat (Kg/m)

3. Hitung tulangan dengan sesuai dengan pemodelan pada gambar pondasi telapak diatas.

4. Pada kolom "Ukuran (M)", untuk nilai pengait/ hook dikolom (a) menggunakan rumus 6D (6 dikalikan dengan diameter tulangan).

5. Pada kolom "Berat Sartuan (Kg/m)", ini bisa menggunakan tabel berat tulangan atau bisa juga menggunakan rumus 0.006165 x diameter x diameter

6. Jumlahkan volume untuk model tulangan no 1 dan no 2 pada arah memanjang dan melintang, sehingga didapat volume total tulangan dalam satuan Kg.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini

Back-Up-Volume-Pondasi-Telapak-Format-Excel-02
Back Up Volume Pondasi Telapak Format Excel 02

Apabila masih bingung dengan ulasan diatas, silahkan klik video dibawah ini agar lebih mudah memahami.

Download Back Up  Volume Pondasi Telapak Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini Secara Gratis alias cuma – Cuma loh... 

Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Back Up Volume Pondasi Telapak Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Back Up Volume Pondasi Telapak Excel"