Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Transportasi Menurut Ilmu Teknik Sipil

Teknologi-Transportasi-Menurut-Ilmu-Teknik-Sipil
Teknologi Transportasi Menurut Ilmu Teknik Sipil

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin
 
Perkembangan teknologi transportasi mendapat dukungan yang sangat besar dari bidang-bidang teknologi lainnya seperti teknologi informatika, elektronika, mekanika yang kesemuanya terlihat dengan semakin sedikitnya penggunaan tenaga penggerak alamiah (manusia dan hewan). 
 
Setiap aspek teknologi sudah menggunakan sistem komputerisasi/ automatisasi yang telah diterapkan secara merata dan simultan.

Memuat…

Pengertian Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi adalah suatu sistem, alat dan prosedur yang mampu mendukung perpindahan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Perkembangan teknologi transportasi mendapat dukungan yang sangat besar dari bidang-bidang teknologi lainnya seperti teknologi informatika, elektronika, mekanika yang kesemuanya terlihat dengan semakin sedikitnya penggunaan tenaga penggerak alamiah (manusia dan hewan). 
 
Pengembangan teknologi transportasi diarahkan kepada kemampuan mengatasi setiap tuntutan keterbatasan kapasitas angkut, jarak tempuh, kecepatan pergerakan, kenyamanan, keselamatan, keringanan biaya transportasi dan tidak sesuai lingkungan. Perbaikan operasi sistim teknologi transportasi akhimya diharapkan mampu meringankan total biaya transportasi, serta mampu mengurangi kerusakan lingkungan.

Perkembangan Teknologi Transportasi

Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dari aktivitas angkutan yang ringan sampai aktivitas angkutan super berat, diperlukan transportasi yang memadahi. Alat dan sistem transportasi mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu.
 
Dengan tetap berorientasi pada indikator yang menunjukan tingkat-tingkat keterbatasan kapasitas angkut, jarak tempuh, kecepatan pergerakan, kenyamanan dan biaya transport berbagai riset dilakukan untuk mengembangkan kemampuan teknologi transportasi, yang secara umum dapat memenuhi beberapa kriteria sebagaai berikut : 
a. Mudah untuk mengangkut / memindahkan barang dan penumpang dalam jumlah yang relatif banyak, tanpa menimbulkan kerusakan.

b. Mempunyai kemampuan sistim pengontrolan pergerakan sehingga dapat mengatur kecepatan dan mudah dikendalikan (locomotion) yang antara lain dilakukan dengan pengaturan gaya-gaya mekanis (disain bentuk dan masa) yang bekerja pada suatu teknologi transportasi.

c. Menjamin kenyamanan dan keselamatan penumpang dan barang dari gangguan/kerusakan akibat pergerakan teknologi transportasi tersebut, antara lain berupa bentuk-bentuk pemeliharaan suhu/temperatur "lingkungan", pengaturan tekanan dan kelembaban serta pemakaian bahan baku pem­bentukan fisik alat angkut yang berkualitas baik.
 
Perkembangan teknologi bukan hanya saja pada penambahan alat tetapi juga berbagai aktivitas dan aturan mengikuti selanjutnya. Aturan merupakan payung hukum yang digunakan untuk mengambil kebijakan strategis dalam mengatur dan menata sistem transportasi.
 
Hasil pengembangan teknologi transportasi tersebut antara lain dapat disebutkan dalam contoh-contoh berikut : 
 
1. Transportasi Darat
Dahulu kereta api menggunakan batu bara, kini dengan menggunakan tenaga disel dan elektrik, peningkatan kecepatan pergerakan yang dihasilkan begitu pesat.  Apalagi sekarang sudah diciptakan kereta api cepat, dengan kecepatan mencapai hingga 350 km/jam.
 
Dahulu untuk bepergian mengandalkan angkutan umum seperti bus, angkot dll. Namun sekarang sudah ada sistem tranportasi online yang berkembang dibeberapa negara, misalkan gojek, grab dll. Selain untuk angkutan orang juga digunakan untuk pemesanan makanan dan antar barang.
 
2. Transportasi Laut
Dahulu alat transportasi di air, rakit dan sampan merupakan pilihan utama untuk angkutan penumpang dan barang. Dengan didukung perkembangan teknologi automotif, mekanik, metal, dan elektronika, manusia akhimya setahap demi setahap mulai berhasil mengatasi keterbatasan kapasitas angkut penumpang dan barang, jarak tempuh, kecepatan pergerakan dengan menciptakan perahu motor, kapal laut dalam berbagai jenis, fungsi dan ukuran.
 
3. Transportasi Udara
Pemanfaatan burung merpati sebagai sarana transportasi informasi antar wilayah, bahkan antar benua, cukup mampu mengatasi kebutuhan kecepatan pergerakan (informasi) namun terbatas pada kapasitas angkut.

Belajar dari kemampuan alamiah tersebut, manusia mengembangkan teknologi seperti automotif, elektronik, mekanika, di dalam usaha perwujudan suatu bentuk teknologi transportasi yang mampu secara cepat dan nyaman memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyak hingga ketempat-tempat yang jauh. Pesawat terbang, helikopter, hidrofoil dam jenis­jenis angkutan udara lainnya merupakan bukti basil kerja keras manusia, bahkan kini manusia mampu mencapai bulan/luar angkasa.
 

Fungsi Transportasi

Setiap hari terjadi mobilisasi orang maupun barang, di daerah manapun akan mengalami hal serupa. Transportasi sudah masuk dalam kebutuhan pokok, dikarenakan tanpa adanya transportasi waktu tempuh menjadi lebih lama. Peranan transportasi dalam kehidupan bermasyarakat memang sangat luar biasa penting. Beberapa fungsi transportasi yang diantaranya sebagai berikut :
1. Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
2. Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
3. Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
4. Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi transportasi mendapat dukungan yang sangat besar dari bidang-bidang teknologi lainnya seperti teknologi informatika, elektronika, mekanika yang kesemuanya terlihat dengan semakin sedikitnya penggunaan tenaga penggerak alamiah (manusia dan hewan).
 
Hampir setiap aspek teknologi, penggunaan sistim komputerisasi/automatisasi telah diterapkan secara merata dan simultan. Jadi dalam perkembangan ini, manusia sudah menjadi operator, supervisor dalam usaha produktivitas barang, dan dengan sistim ini penghematan biaya transportasi semakin meningkat, suatu indikasi yang menunjukan keberhasilan pengembangan teknologi itu sendiri.
 
Sekian postingan singkat kali ini mengenai Perkembangan Teknologi Transportasi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Teknologi Transportasi Menurut Ilmu Teknik Sipil"