Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel

Perhitungan-Balok-Kolom-Baja-Format-Excel
Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Kolom Baja

Kolom Baja adalah elemen baja struktur yang berfungsi meneruskan beban dari struktur diatasnya menuju ke fondasi. Kolom memegang peranan yang sangat penting dari suatu bangunan. Kokoh tidaknya suatu bangunan dipengaruhi dari kolomnya.

Pada era sekarang kolom baja banyak digunakan pada konstruksi bangunan sebagai penopang atau penyangga balok maupun struktur diatasnya. Karena lebih praktis dan lebih mudah pemasangan, kolom baja menjadi pilihan yang baik dalam pembangunan gedung.

Pengertian Balok Baja

Balok baja adalah suatu elemen baja yang menerima beban terpusat maupun merata. balok baja bisa dikatakan lebih praktis dan memiliki kuat tarik yang baik, sehingga banyak digunakan dalam konstruksi gedung, jembatan dan lain sebagainya.

Keuntungan dari balok baja adalah mempunyai kekuatan tinggi, keseragaman dan keawetan yang tinggi, elastis, daktilitas tinggi, dan lebih mudah dalam pengerjaan. Namun kondisi balok saat terbebani tergantung dari profil yang dipilih. Analisis yang dilakukan adalah pengecekan kelangsingan profilnya, apakah profilnya kompak, tak kompak atau profil terlalu kuat sehingga kurang ekonomis dan dapat diganti dengan profil lain yang lebih sesuai. 
 
Setelah terpenuhi kondisi lenturnya maka berikutnya adalah tahanan gesernya, tahanan geser akan lebih menentukan pada bentang yang lebih pendek.
 
Perhitungan-Balok-Kolom-Baja-Format-Excel-01
Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel 01

Perhitungan Balok Kolom Baja Excel

Perhitungan balok dan kolom baja digunakan untuk menghitung struktur balok dan kolom, apakah aman terhadap konstruksinya atau tidak. Perhitungan ini merupakan awal dari suatu perencanaan konstruksi sebelum berlanjut ke tahap pelaksanaan. Diharapkan ketika pelaksanaan tidak terjadi kegagalan konstruksi yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Kerugian bisa bersifat material, orang, waktu, biaya dan peralatan seperti pada kajian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Tahapan perhitungan yang ada dalam file yang saya bagikan adalah sebagai berikut ini :
A. Data bahan
Berisi tentang tegangan leleh baja, tegangan sisa, modulus elastisitas, angka poisson

B. Data Profil Baja
Berisi tentang dimensi profil baja, ini menyangkut dimensi, tebal dan lain sebagainya

C. Data Kolom dan Balok
Berisi panjang elemen, gaya aksial akibat beban terfaktor, momen akibat beban terfaktor, gaya geser akibat beban terfaktor, faktor reduksi kekuatan untuk aksial tekan, faktor reduksi kekuatan untuk lentur dan tekan.
 
D. Section Properties / Detail Bagian
Berisi tentang modulus geser, modulus penampang plastis, koefisien momen tekuk torsi lateral.

E. Perhitungan Kekuatan
Perhitungan kekuatan balok dan kolom baja dihitung secara urut menjadi tujuh tahapan perhitungan, yaitu :
1. Tahanan aksial tekan
2. Momen nominal pengaruh local buckling pada sayap
3. Momen nominal pengaruh local buckling pada badan
4. Tahanan momen lentur
5. Interaksi aksial tekan dan momen lentur
6. Tahanan geser
7. Interaksi geser dan lentur

Download Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
Apabila ingin melihat secara detail perhitungannya seperti apa, dapat dilihat pada video dibawah ini.
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat. 

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Perhitungan Balok Kolom Baja Format Excel"