Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Menara Tandon Air Baja Format Autocad

Gambar-Tower-Tandon-Air-Baja-Format-Autocad
Gambar Tower Tandon Air Baja Format Autocad
  

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Tower Atau Menara Tandon Air Baja Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Tandon Air

Tandon air adalah suatu tempat atau wadah yang digunakan sebagai tempat menampung air yang berada pada ketinggian tertentu. Dahulu orang jarang menggunakan tandon air karena belum adanya sumur atau PDAM, karena orang-orang dulu masih mengandalkan air dari alam, misalkan sungai untuk keperluan sehari-hari.

Tandon air ada karena adanya kebutuhan tinggi akan penggunaan air, sedangkan distribusi air yang kurang lancar. Tampungan air bersih ini yang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, masak dan lain sebagainya. Kapasitas tampungan air bersih dari tandon juga bervariasi diseuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan untuk meletakan tandon.

Pengertian Menara Tandon Air

Menara atau tower tandon adalah konstruksi penyangga tandon air yang terbuat dari bahan baja atau beton bertulang dengan ketinggian tertentu. Ketinggian menara atau tower tandon disesuaikan dengan tinggi kran air. Fungsinya agar air bisa mengalir dengan lancar dari menara tandon air ke kran air. Apabila tinggi menara terlalu rendah air tidak akan mengalir dengan lancar, ini merujuk pada ilmu fluida. 

Jenis Menara Tandon Air
Berdasarkan jenis bahannya, menara atau penyangga tandon air ada 2 macam :
1. Berasal dari bahan baja
2. Berasal dari bahan beton bertulang

Fungsi Atau Kegunaan Tandon Air

Seperti namanya tandon air atau tempat penampungan air, fungsi utama adalah untuk menampung air. Tapi ada beberapa fungsi atau kegunaan tandon air dilihat dari beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut :
 
1. Tempat menyimpan air
Seperti yang sudah dijelaskan diatas fungsi utama tandon air adalah tempat untuk menampung air dengan kapasitas tertentu. Tandon air bermanfaat pada daerah atau lokasi yang distribusi airnya kurang lancar. Dengan adanya tampungan air kebutuhan air untuk keperluan sehari-hari bisa tercukupi.
 
2. Mendistribusikan air secara merata
Pada bangunan bertingkat distribusi air kadang tidak merata, apalagi yang berada dilantai tertentu. Hal ini dikarenakan tekanan air yang ada dibawah tidak lancar sampai ke lantai atas. Agar semua lantai tercukupi dengan distribusi air maka dibutuhkan tandon air yang dipasang pada ketinggian tertentu.
 
3. Menghemat listrik
Rumah yang masih menggunakan pompa mesin air untuk menyupai kebutuhan air menyebabkan tagihan listrik lumayan besar, dikarenakan daya listrik yang dibutuhkan pompa mesin air memiliki watt tinggi. Bisa dibayangkan bila setiap menggunakan air harus menyalakan mesin pompa air. Penggunaan tandon air merupakan alternatif penghematan tagihan listrik.

Jenis Tandon Air

Perusahaan tandon air menjual beberapa produk mereka dengan berbagai jenis dan kapasitas tampungan air yang beredar dipasaran. Namun dulu sebelum ada perkembangan, tandon air terbuat dari beton bertulang. Beberapa jenis tandon air berdasarkan bahan materialnya menurut sipilgo :
 
1. Tandon air beton bertulang
Tandon air jenis ini masih ada dibeberapa daerah untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kekuatan tandon dari bahan ini tergolong lama karena terbuat dari beton bertulang.

2. Tandon Air Stainless Steel
Tandon air jenis ini tergolong harganya lebih mahal. Bahan dari tandon ini aman karena tidak mengandung merkuri dan perawatannya pun sangat mudah untuk kamu bersihkan.
 
3. Tandon Air Fiber Glass
Tandon air jenis ini terbuat dari bahan FRP sehingga bentuknya lebih keras, lebih ringan dan harganya lebih murah. Harganya yang murah tentu kualitasnya jangan ditanyakan. Tandon jenis ini tidak tahan lama dan mudah ditumbuhi lumut.
 
4. Tandon Air Polyethylene
Tandon jenis ini berbahan plastik PE sehingga lebih tahan terhadap benturan, tekanan, dan tidak mudah bocor. Selain itu bagian dalam tandon dilapisi anti jamur, lumut dan memiliki bobot yang ringan.
Gambar-Tower-Tandon-Air-Baja-Format-Autocad-01
Gambar Tower Tandon Air Baja Format Autocad 01

Download Gambar Menara Tandon Air Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Tower atau Menara Tandon Air Baja Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Tandon air merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan air pada daerah atau lokasi yang kurang lancar distribusi air. Pemilihan jenis tandon air disesuaikan dengan kegunaan dan biaya yang dimiliki. Agar distribusi air merata kesemua ruangan, menara atau tower tandon air dipasang pada ketinggian tertentu dengan perhitungan yang matang dan terperinci. Kekuatan dan ketahanan dari menara juga perlu diperhatikan dalam jangka waktu yang lama untuk menekan biaya perbaikan.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Tower atau Menara Tandon Air Baja Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Menara Tandon Air Baja Format Autocad"