Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesetimbangan Momen Gaya

Kesetimbangan-Momen-Gaya
Kesetimbangan Momen Gaya

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal. Amin Allahumma Amin

Pengertian Momen Gaya

Momen gaya atau torque adalah merupakan hasil kali besar suatu gaya dengan lengan gaya. Momen gaya disebut juga dengan torque ( gaya putar ). Sedangkan jarak tegak lurus dari suatu titik ke garis kerja suatu gaya disebut lengan gaya atau lengan momen dari gaya itu terhadap sumbu.
 
Momen dari suatu gaya didefinisikan sebagai setiap gaya yang bekerja pada suatu benda akan menyebabkan benda tersebut mengalami translasi dalam arah gaya itu. Besar dan arah efek gaya yang bekerja pda suatu benda tergantung pada letak garis kerja gaya yang dapat diperinci dengan menentukan jarak tegak lurus antara sebuah titik patokan dengan garis kerja tersebut. 

Kopel adalah sistem gaya yang terdiri atas dua gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah, garis kerjanya sejajar dan tidak terletak pada satu garis lurus. Kopel hanya mengakibatkan efek rotasi pada benda. Besar efek rotasional yang dihasilkan oleh kopel terhadap benda tidak bergantung pada titik tangkap kopel terhadap benda tersebut.
 
Bila system ekuivalen secara statis (statically equivalent) yaitu suatu system gaya yang bekerja pada suatu benda dapat diganti dengan system gaya lain yang bekerja pada benda tersebut tanpa mengubah efek translasional dan efek rotasional. Gaya-gaya kongkuren (gaya-gaya yang berpotongan di satu titik) yang bekerja melalui satu titik dan tidak menyebabkan efek rotasional terhadap titik tersebut maka lengan momenya adalah 0.

Kesetimbangan-Momen-Gaya-01
Kesetimbangan Momen Gaya 01

Syarat Kesetimbangan

Benda yang  dalam  kondisi  setimbang,  maka  sejumlah  gaya  yang  bekerja padanya harus memenuhi 2 syarat:
1. Sama besar dan berlawanan arahnya.
2. Harus mempunyai garis kerja yang sama

Syarat pertama dapat dipenuhi oleh syarat kesetimbangan I, yaitu:

Resultan Gaya Sejajar

Resultan gaya sejajar adalah sebuah gaya yang bisa mewakili sekumpulan gaya sejajar serta mempunyai:
- Arah yang sama dengan semua gaya tersebut
- Besar sama dengan penjumlahan besar semua gaya
- Garis  kerja  yang  dapat  dicari  berdasar  syarat  bahwa  momen  resultan  harus sama dengan penjumlahan momen setiap gaya.

Pusat Berat

Berat adalah resultan dari semua gaya tarik bumi yang dialami oleh partikel zat  dalam  suatu  benda.  Tetapi  karena  jarak  ke  pusat  bumi  sedemikian  jauhnya sehingga  gaya–gaya  tersebut  dapat  dianggap  sejajar.

Dengan  demikian  berat benda dapat diartikan sebagai resultan dari sejumlah besar gaya sejajar. Sedangkan pusat berat dari benda dapat diilustrasikan dari gambar berikut yang memperlihatkan benda tipis sembarang bentuk dan terletak pada bidang xy. Titik perpotongan garis kerja W pada kedua bagian dengan koordinat x,y dinamakan pusat  berat benda  tersebut.  Dan  simetri  suatu  benda  seringkali berguna untuk menentukan pusat berat benda. 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Kesetimbangan Momen Gaya"