Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Gudang Format Autocad

Gambar-Gudang-Format-Autocad
Gambar Gudang Format Autocad

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Gudang Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Gudang

Gudang adalah suatu konstruksi bangunan bertingkat maupun tidak yang digunakan untuk menyimpan barang tertentu. Keberadaan gudang pada zaman sekarang sangat diperlukan untuk mengantisipasi pasokan barang dikemudian hari. Dahulu masyarakat menyimpan padi masih menggunakan lumbung, dan dikenal lumbung padi. Sekarang dengan pergeresan nilai dan perkembangan teknologi istilah lumbung berubah menjadi gudang.
 
Pengadaan gudang dalam suatu perusahaan menandakan bahwa hasil produksi dari perusahaan tersebut cukup besar sehingga arus keluar masuk dan stok penyimpanan barang harus dikendalikan. Oleh karena itu, gudang merupakan solusi dalam penanganan secara efektif dan efisien dalam perencanaan kesediaan hasil produksi sebuah perusahaan.

Fungsi atau Kegunaan Gudang

Fungsi atau kegunaan gudang bervariasi tergantung dari tujuan awal dibuatnya bangunan gudang. Gudang rumahan dengan gudang perusahaan sudah pasti berbeda fungsi dan kegunaannya. Gudang rumahan hanya tempat menyimpan barang-barang tertentu yang suatu saat akan digunakan lagi. Sedangkan gudang diperusahaan memiliki peranan untuk penyimpanan stok barang produksi dalam jangka waktu tertentu dan harus mampu mengakomodasi order dari pelanggan yang sangat bervariasi.
 
Menurut Arwani (2009:23) peranan gudang dapat dikategorikan kedalam tiga fungsi :
1. Fungsi penyimpanan (storage and movement)
Fungsi paling mendasar dari gudang adalah tempat penyimpanan barang, baik bahan mentah, setengah jadi, maupun barang jadi. Tujuannya untuk mengoptimalkan biaya operasional.
 
2. Fungsi melayani permintaan pelanggan (order full filment)
Gudang berperan menyediakan pelayanan dengan menjamin ketersediaan produk dan siklus order yang reasonable. Sistem ini akan menurunkan biaya, karena pengiriman dari manufaktur bisa dibuat secara berkala, cukup dengan kuantitas truk atau mobil box. Dengan menyimpan stok dalam jumlah tertentu.

3. Fungsi distribusi dan konsodilasi (distribution and consolidation) 
Fungsi distribusi ini menjadikan gudang sebagai kepanjangan tangan dari penjualan dan pemasaran dalam memastikan penyampaian produk dan informasi kepada pelanggan sebagai titik penjualan (point of sales). Fungsi ini tercipta sebagai akibat dari karakteristik biaya transportasi.  
Gambar-Gudang-Format-Autocad-01
Gambar Gudang Format Autocad 01

Jenis Gudang

Gudang terus memainkan peran utama dalam rantai pasokan dan akan terus melakukannya di masa mendatang, meskipun gudang ini akan muncul dalam bentuk yang berbeda. Ketersediaan produk jadi/barang perlu diadakan dekat dengan titik konsumsi untuk mengurangi semakin meningkat biaya transportasi dan untuk memenuhi persyaratan pengiriman ke pelanggan.
 
Ada beberapa jenis gudang yang dikelompokan berdasarkan kebutuhan perusahaan atau manufacturing plan warehouse menurut warman dalam bukunya
yaitu :
1. Gudang Operasional
Gudang Operasional digunakan untuk menyimpan raw material dan sparepart yang nantinya akan digunakan dalam proses produksi.

2. Gudang Perlengkapan
Gudang perlengkapan merupakan gudang yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan yang akan digunakan untuk memperlancar produksi. Perlengkapan merupakan barang yang digunakan untuk proses produksi tetapi tidak akan ditemui di finished goods (barang jadi), karena barang ini hanya berfungsi membantu proses produksi. 
 
3. Gudang Pemberangkatan
Gudang pemberangkatan adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan barang yang telah menjadi finished goods (barang jadi). Dari gudang inilah nantinya dikirimkan keluar, baik distributor atau retailer. 
 
4. Gudang Musiman
Gudang musiman adalah gudang yang hanya ada pada saat gudang operasional dan gudang pemberangkatan penuh. Gudang ini biasanya bukan milik pabrik, tetapi disewa dari pihak lain untuk jangka waktu tertentu.

Download Gambar Gudang Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Gudang Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Pembangunan gudang disesuaikan dengan jenis dan fungsi awal dibangunnya gudang. Ini berarti pembangunan gudang disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan dilihat dari segi kebutuhan luas lahan, kebutuhan sumber daya dan kebutuhan biaya. Aspek keselamatan dan keamanan juga termasuk hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembangunan maupun dalam proses pengoperasian gudang.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Gudang Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Gudang Format Autocad"