Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Bangunan Mall Format Autocad

Gambar-Bangunan-Mall-Format-Autocad
Gambar Bangunan Mall Format Autocad

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Bangunan Mall Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Mall

Mall adalah suatu bangunan multi lantai sebagai tempat pusat perbelanjaan dengan banyak etalase-etalase dan pengaturan udara yang baik sehingga pengunjung dapat melakukan aktivitasnya dengan nyaman. Mal diisi oleh berbagai jenis toko dengan menjual beragam brand. Antara satu toko dengan lainnya disediakan jalur jalan dengan tujuan mempermudah pengunjung berjalan dari satu toko ke toko lainnya.
 
Keberadaan fasilitas yang bersifat komersial seperti di mall telah menjadi wahana kegiatan yang diminati masyarakat perkotaan. Seiring dengan meeningkatnya kebutuhan masyarakat, fasilitas ini dirasa masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung dan pengguna shopping mall. Untuk menarik perhatian dan mencegah pengunjung dari rasa bosan, shopping center dikembangkan dengan membuat suasana yang lebih menarik, unik dan berbeda dengan pemilihan konsep bangunan dan interior bangunan yang mengikuti perkembangan jaman. Selain itu, juga di tambahkan fasilitas hiburan atau entertainment seperti bioskop, cafe, game center dan lain sebagainya.

Fungsi atau Kegunaan Mall

Hiruk pikuk kegiatan di perkotaan membuat sebagian orang merasa mengalami hari hari yang melelahkan. Ditambah lagi masalah kemacetan yang tiap hari dialami ketika berangkat maupun pulang bekerja, sekolah ataupun aktivitas lain. Rutinitas yang melelahkan dan menguras banyak energi berdampak pada kesehatan fisik, psikis maupun psikologis. Hadirnya mall di tengah masyarakat perkotaan ibarat seperti oase di padang pasir bagi sebagian orang.
 
Beberapa fungsi atau kegunaan mall menurut versi sipilgo sebagai berikut ini :
1. Sebagai tempat belanja.
Mall memang pusat perbelanjaan di perkotaan, jadi wajar tujuan banyak orang datang ke mall salah satunya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

2. Sebagai tempat untuk makan.
Di mall ada beberapa tempat makan yang beroperasi dengan menawarkan menu-munu andalan dari setiap tempat makan. Pengunjung bisa memilih tempat makan sesuai selera.

3. Sebagai tempat nongkrong.
Nongkrong menjadi tren terbaru dimasa sekarang, dari kalangan anak muda maupun dewasa. Banyak cafe baru bermunculan guna memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat.

4. Sebagai tempat refresing
Tidak selamanya berkunjung ke mall untuk berbelanja. Terkadang orang-orang datang ke mall hanya untuk refresing saja. Jalan jalan dari toko satu ke toko yang lainnya hanya untuk menghilangkan kepenatan.

5. Sebagai tempat hiburan
Di beberapa mall sudah disediakan fasilitas hiburan untuk berbagai kalangan, baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa. Fasilitas hiburan yang ditawarkan juga bervariasi seperti game center, bioskop dan lain sebagainya. 
Gambar-Bangunan-Mall-Format-Autocad-01
Gambar Bangunan Mall Format Autocad 01

Klasifikasi Jenis Mall

Mall bukan lagi sebagai tempat yang asing bagi sebagian orang. Sudah banyak yang pernah maupun sering datang ke Mall. Namum ternyata mall memiliki jenis atau tipenya loh. Menurut Rubenstein dalam Nasution (2007), dalam Central City Mall, jenis mall dikelompokkan sebagai berikut :

1. Mall Terbuka (Open Mall)
Pada mall terbuka semua jalan yang direncanakan dibuat terbuka dengan mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dan sistem sirkulasi udara dilakukan secara alami. Walaupun dibuat dengan konsep terbuka, mall ini masih dapat memberikan perlindungan dari hujan langsung dengan diberikannya kanopi sederhana. Mall jenis ini tidak cocok untuk daerah yang memiliki iklim yang ekstrim dengan tingkat kelembaban, suhu, dan curah hujan yang tinggi.
 
2. Mall Terpadu (Integrated Mall)
Mall Terpadu merupakan tipe mall yang sebagian terbuka dan bagian yang lainnya tertutup. Ruang tertutup sebagian ini digunakan sebagai ruang ventilasi alami dimana dapat melindungi sedikit dari suhu udara luar baik di musim panas maupun musim dingin. Pada mall bagian yang tertutup diletakkan di tengah sebagai pusat dan menjadi magnet yang menarik pengunjung untuk masuk ke dalam kawasan mall tersebut.
 
3. Mall Tertutup (Enclosed Mall)
Merupakan bangunan yang lengkap dimana pengunjung dan penjual yang terlindung dalam suatu bangunan yang tertutup sehingga memungkinkan untuk berinteraksi sosial, pameran dan pertunjukan lainnya. Fasilitas ruang perbelanjaan tertutup memberikan standar kenyamanan optimal dan tingkat kenyamanan bagi pengunjung ke pusat perbelanjaan. Sistem penghawaan dilakukan secara mekanis yang lazim dinamakan dengan EMAC (Enclosed Mall Air Conditioned). Mall semacam ini yang paling banyak diterapkan di daerah tropis.

Elemen Pada Mall

Sebelum dilaksanakan pembangunan mall, pemilihan elemen dan material juga sangan penting. Elemen ini yang akan menjadi daya tarik pengunjung. Beberapa elemen pada mall sebagai berikut :
1. Lantai
Lantai mall merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap keseluruhan kualitas pusat perbelanjaan. Pemilihan lantai akan dipengaruhi oleh jenis ruang, luasannya dan karakter ruang yang dituju. Jumlah pengunjung yang banyak dan penggunaan dalam jangka waktu yang lama, oleh karena itu pembuatan lantai diperhitungankan ketahanan dan kekuatan.
 
2. Pagar Pembatas
Pagar pembatas sangat penting dibuat di mall, terutama pada lantai 2 dan lantai diatasnya. Keamanan dan keselamatan pengunjung merupakan prioritas utama dalam pelayanan mall. Pagar pembatas ada yang terbuat dari kaca ataupun logam yang dapat dikombinasikan dengan pegangan yang sesuai. Tinggi dan kerapatan pagar pembatas disesuaikan dengan standar agar tidak mudah dipanjat dan mencegah barang barang kecil jatuh kebawah.
 
3. Handrails (Pegangan Tangan)
Handrails atau pegangan tangan harus terus menerus ada dibagian atas pagar pembatas dan dibentuk dengan ukuran yang nyaman untuk digenggam. Pegangan tangan harus halus dan bebas dari proyeksi tajam. Bahan penggunaan handrail (Pegangan Tangan) harus kuat untuk menahan berat pengguna.
 
4. Wall (Dinding) 
Dinding juga penting dibuat di dalam mall. Dinding terbagi menjadi 2 macam, dinding dari struktur bangunan mall dan dinding penyekat antar toko. Dinding penyekat antar toko biasanya dibuat dari bahan yang ringan seperti triplek, kayu, alumunium dan lain sebagainya.
 
5. Pilaster (Pilar)
Pilaster atau pilar menjadikan pemisah antara toko satu dengan toko yang lainnya. Pembuatan Pilaster (Pilar) diseuaikan dengan tema dari toko tersebut agar mudah dikenali oleh pengunjung.
 
6. Bulkheads (sekat pemisah)
Bulkheads atau sekat pemisah merupakan elemen yang membentuk tampilan profil vertikal dan kembali ke bagian langit-langit galeri dan tepi atap dalam ruang tertutup. Bulkheads juga secara umum telah diprofilkan untuk membantu visibilitas antar pertokoan pada satu tingkat dan antar tingkat yang lain.
Gambar-Bangunan-Mall-Format-Autocad-02
Gambar Bangunan Mall Format Autocad 02

Utilitas Pada Mall

Utilitas pada mall merupakan bagian yang penting, tanpa adanya utilitas pada mall akan menjadikan pelanggan maupun orang yang berada di mall merasa kurang nyaman. Beberapa jenis utilitas pada mall sebagai berikut ini :
 
1. Sistem Pemipaan dan Distribusi Air (Plumbing)
Sistem distribusi air bersih pada mall menggunakan sistem down feed. Air bersih dipasok dari PDAM yang kemudian disalurkan ke bangunan. Alurnya seperti ini. Air dari PDAM masuk dipenampungan air bersih (groundtank) lalu dipompa keatas menuju tandon air, nah dari tandon air didistribusikan keseluruh ruang.

2. Sistem Pencahayaan dan Elektrikal
Sistem pencahayaan pada mall terdiri dari dua sistem, secara alami dan buatan. Sistem pencahayaan secara alami menggunakan jendela yang terbuat dari kaca, atau atapnyaterbuat dari bahan yang transparan sehingga cahayabisa masuk ke dalam mall. Sedangkan pencahayaan secara buatan menggunakan lampu yang dipasang dibeberapa titik secara sistematis dan merata.

3. Sistem Penghawaan
Sistem penghawaan menggunakan 2 sistem yaitu secara alami dan buatan. Sistem penghawaan secara alami diperoleh pada area-area ruang yang terbuka tanpa penutup, agar sirkulasi udara baik dan udara tidak terasa panas. Sistem penghawaan buatan bisa digunakan exhaust fan. Penggunaan exhaust fan yang difungsikan sebagai pembuangan udara kotor pada toilet. Untuk ruangan yang lebih luas menggunakan sistem penghawaan secara mekanis yang lazim dinamakan dengan EMAC (Enclosed Mall Air Conditioned).

4. Konsep Proteksi Kebakaran
Konsep penanggulangan kebakaran di mall terdapat 2 jenis sistem yaitu secara otomatis dan secara manual. Sistem Penanggulangan kebakaran secara otomatis menggunakan sprinkler otomatis dipasang pada titik yang sudah ditentukan. Sprinkler akan mengeluarkan air secara otomatis bila ada api atau suhu yang sudah ditentukan. Sistem Penanggulangan kebakaran secara manual dengan menempatkan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ditempat yang mudah dijangkau.

Download Gambar Bangunan Mall Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Bangunan Mall Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Mall merupakan aspek strategis dalam perputaran perekonomian di suatu daerah. interaksi yang humanis antara penjual dan pembeli menjadikan kenyamanan bagi kedua belah pihak. Namun elemen pada mall dan sistem keamanan, kenyamanan dan keselamatan juga harus lebih diperhatikan untuk kebaikan semuanya. Peran konsultan dan kontraktor dalam mendesain maupun melaksanakan pembangunan mall juga harus memperhatikan aspek Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) dan standar kekuatan konstruksi serta mutu bangunan.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Bangunan Mall Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Bangunan Mall Format Autocad"