Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Bangunan Hotel Format Autocad

Gambar-Bangunan-Hotel-Format-Autocad
Gambar Bangunan Hotel Format Autocad

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Bangunan Hotel Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Hotel

Ada sebagian orang bertanya Apa Itu Hotel? Apa Fungsi Hotel?
Mungkin sebagian besar orang sudah tau dan paham apa itu hotel. Beberapa pakar dan peraturan perundang undangan mendefinisikan apa itu hotel. Menurut Ikhsan (2008:2) pengertian hotel adalah suatu lembaga yang menyediakan para tamu untuk menginap, dimana setiap orang dapat menginap, makan, minum dan menikmati fasilitas yang lainnya dengan melakukan transaksi pembayaran.
 
Menurut Widanaputra (2009:16) definisi hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan, dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap. 
 
Menurut Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia No : PM.106/PW.006/MPEK/2011 Hotel adalah penyediaan akomodasi secara harian berupa kamar-kamar di dalam 1 (satu) bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makanan dan minuman, kegiatan hiburan serta fasilitas lainnya.

Fungsi atau Kegunaan Hotel

Peranan hotel memang sangat dibutuhkan pada kondisi dan situasi tertentu. Sudah barang tentu hotel bukan lagi dianggap susuatu yang asing di masyarakat. Ada beberapa kegunaan atau fungsi hotel menurut versi sipilgo, antara lain :
1. Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong).
2. Sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya karena dalam perjalanan.
3. Sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu.
4. Sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional, resepsi pernikahan dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana serta prasarana yang lengkap.
5. Tempat berenang umum, untuk hotel yang menyediakan pelayanan tersebut.
6. Sebagai sarana rekreasi, sebgaian hotel menawarkan wahana hiburan di area hotel.
7.  Menciptakan lapangan kerja, setiap hotel pasti membutuhkan karyawan dalam mengelola, mengatur dan memberikan pelayanan kepada konsumen.
8. Meningkatkan pendapatan daerah dan negara, pembangunan dan pengoperasian hotel sudah tentu bedampak pada pendapatan daerah dan negara. 
Gambar-Bangunan-Hotel-Format-Autocad-01
Gambar Bangunan Hotel Format Autocad 01

Jenis Hotel 

Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel. Hotel digolongkan ke dalam lima kelas hotel. Di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Hotel bintang 1
2. Hotel bintang 2
3. Hotel bintang 3
4. Hotel bintang 4
5. Hotel bintang 5
 
Hotel non bintang dapat disebut sebagai hotel melati dan tidak memiliki penggolongan kelas hotel

Menurut Tarmoezi (2000) jenis hotel ditentukan oleh ciri-ciri atau sifat khas yang dimiliki oleh pengunjung dan lokasi dimana hotel tersebut di bangun. Jenis-jenis hotel dapat dikelompokan ke dalam beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. City hotel
City hotel adalah hotel yang umumnya terletak di daerah perkotaan. Hotel ini umumnya akan digunakan masyarakat untuk tempat tinggal sementara.
City hotel juga disebut sebagai transit hotel. Artinya, masyarakat akan menggunakan hotel dalam jangka waktu yang singkat. Umumnya hotel jenis ini akan digunakan oleh para pelaku bisnis.

2. Residential hotel
Hotel residen adalah hotel yang umumnya terletak di daerah pinggiran kota-kota besar. Hotel jenis ini berdekatan dengan berbagai tempat kegiatan usaha. Umumnya hotel ini diperuntukkan untuk masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu yang lama.

3. Resort hotel
Resort hotel adalah hotel yang lokasinya terletak di daerah pegunungan, di tepi pantai, tepi aliran sungai, bahkan di tepi danau. Hotel ini umumnya akan menjadi pilihan orang-orang yang ingin mendapatkan suasana tenang, nyaman, santai saat berlibur dan menghangat suasanya ketika lagi honeymoon.

4. Motel
Motel adalah jenis hotel yang lokasinya berada di sepanjang pinggiran jalan raya. Hotel jenis ini berlokasi di tempat yang menghubungkan satu kota dengan kota-kota besar yang lainnya. Jenis hotel ini diperuntukan sebagai tempat istirahat sejenak atau sementara. Khususnya bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan.

Tipe Hunian Kamar Hotel

Setiap hotel memiliki tipe hunian kamar hotel yang disediakan kepada pengunjung. Setiap pengunjung memiliki tujuan dan selera masing-masing dalam menempati kamar, misalkan ada pengunjung datang sendiri, ada yang bersama temannya maupun bersama keluarga. Beberapa tipe hunian kamar hotel yang disediakan pihak hotel sebagai berikut ini :

1. Kamar menurut jumlah tempat tidur
a. Single room
Single room adalah kamar yang menyediakan satu tempat tidur ukuran kecil untuk satu orang pelanggan.

b. Twin room
Twin room adalah kamar yang menyediakan dua tempat tidur ukuran kecil untuk dua orang pelanggan.
 
c. Double room,
Double room adalah kamar yang menyediakan satu tempat tidur ukuran besar untuk dua orang pelanggan.

2. Kamar menurut ukuran ruangan kamar
Untuk pemberian nama kamar yang disediakan oleh pihak hotel memiliki nama berbeda beda antara hotel yang satu dengan yang lainnya. Contohnya seperti dibawah ini :

a. Suite room
Suite room adalah kamar hotel yang berukuran sedang. Kamar ini terdiri dari tempat tidur, kamar mandi, meja dan kursi.
 
b. Deluxe room
Deluxe room adalah kamar hotel yang berukuran besar. Kamar ini terdiri dari tempat tidur untuk dua pelanggan, kamar mandi, meja dan kursi.
 
c. President suite room
President suite room adalah kamar yang memiliki dua bagian. Kamar ini terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, Kamar mandi, ruang makan dan dapur kecil.
Gambar-Bangunan-Hotel-Format-Autocad-02
Gambar Bangunan Hotel Format Autocad 02

Produk Hotel

Setiap hotel menawarkan produk hotelnya masing masing, ini berarti produk hotel setiap hotel akan berbeda beda. Produk hotel ini merupakan strategi marketing hotel untuk menarik minat pelanggan. Beberapa produk hotel yang disediakan oleh hotel antara lain :
1. Jasa penginapan
2. Jasa pelayanan makan dan minum
3. Jasa sewa meeting room (ruang rapat)
4. Jasa sewa kendaraan
5. Jasa antar jemput tamu hotel
6. Jasa tourguide
7. Jasa penyewaan kolam renang (swimming pool)
8. Jasa pijat atau massage
9. Jasa laundry

Sistem Manajemen Pengamanan Hotel

Hotel yang berada di indonesia harus mentaati peraturan perundangan undangan yang berlaku, salah satunya perihal Sistem Manajemen Pengamanan Hotel.
Sistem Manajemen Pengamanan Hotel bertujuan untuk:
a. mencegah dan mengurangi kerugian akibat ancaman, gangguan dan/atau bencana di hotel; dan
b. mewujudkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan di hotel
 
Ruang lingkup persyaratan dan penerapan Sistem Manajemen Pengamanan Hotel meliputi penjelasan 16 (enam belas) elemen, acuan/referensi (types of nput), proses penerapan dan hasilyang diharapkan (types of output), di setiap elemen Sistem Manajemen Pengamanan Hotel. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemahaman dan penerapannya.

Download Gambar Gedung Kantor Kecamatan Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Bangunan Hotel Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Aspek ekonomi/ bisnis, pariwisata dan gaya hidup berhubungan dengan kegiatan usaha perhotelan. Event besar yang diadakan di daerah tertentu akan berdampak pada perputaran ekonomi suatu daerah tersebut, misalkan kegiatan Asian Games.
Pada kegiatan Asian Games banyak hotel yang kebanjiran pelanggan, dimana mana hotel penuh. Hal ini imbas dari mobilisasi besar para atlit dari bebrbagai negara.
 
Produk hotel, fasilitas hotel, pelayanan hotel dan kapasitas pengunjung merupakan hal penting yang perlu disediakan oleh pihak hotel. Dan yang tidak kalah penting adalah Sistem Manajemen Pengamanan Hotel juga diterapkan oleh pihak hotel. Melihat dari ketentuan ketentuan yang menjadi acuan berdirinya hotel, pembangunan konstruksi bangunan hotel harus lebih teliti, akurat dan efektif guna menjaga kesinambungan dalam berbagai hal.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Bangunan Hotel Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Bangunan Hotel Format Autocad"