Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad

Gambar-Bangunan-Apartemen-Format-Autocad
Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad
Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Apartemen

Apartemen. Mendengar kata apartemen mungkin sebagian orang terasa asing mendengarnya. Tapi bagi sebagian orang di perkotaan sudah paham dan mungkin juga sudah atau pernah tinggal di apartemen. Menurut pendapat beberapa pakar, definisi apartemen adalah sebagai berikut.
 
Apartemen adalah suatu ruang atau rangkaian ruang yang dilengkapi dengan fasilitas serta perlengkapan rumah tangga dan digunakan sebagai tempat tinggal. (Harris; 1975; 20)

Apartemen adalah sebuah bangunan yang terdiri dari tiga atau lebih unit hunian yang merupakan suatu kehidupan bersama dan masing-masing unit dapat digunakan secara terpisah (Grolier, 1975)

Apartemen adalah bangunan hunian yang dipisahkan secara horizontal dan vertikal, agar tersedia hunian yang berdiri sendiri dan mencakup bangunan bertingkat rendah atau bertingkat tinggi, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan standart yang telah ditentukan. (Neufert, 1980)
 
Apartemen adalah bangunan yang memuat beberapa grup hunian yang berupa rumah flat atau rumah petak bertingkat yang diwujudkan untuk mengatasi keterbatasan lahan. (Marlina,2008)
 
Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik suatu pengertian bahwa apartemen adalah suatu bangunan hunian bertingkat yang terdiri dari beberapa unit-unit hunian atau kamar-kamar dengan perlengkapan fasilitas pendukung di dalamnya, yang dapat disewa dan dibeli untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi atau Kegunaan Apartemen

Keberadaan lahan atau tanah untuk hunian di perkotaan menjadi problema tersendiri. Mengingat tanah semakin mahal setiap tahunnya membuat orang untuk berfikir dalam memiliki hunian. Munculnya ide alternatif untuk menyiasati keterbatasan lahan, yaitu dengan membuat bangunan bertingkat keatas. Seperti diterapkan pada bangunan apartemen. Menurut Joseph De Chiara dalam bukunya Time Saver Standar for Building Type, fungsi apartemen adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Utama
Sebagai pemukiman vertikal dengan kegiatan yang relative sama dengan permukiman pada umumnya. Penekanannya adalah pada aktivitas rutin seperti tidur, makan, menerima tamu, interaksi social, melakukan hobi, bekerja, dan lain-lain.
 
2. Fungsi Sekunder
Fungsi Sekunder yang dimaksud dengan menambah beberapa pelayanan fasilitas untuk mendukung aktivitas penghuni apartemen seperti :
a. Layanan Olah raga : fitness center, aerobic, kolam renang, dll.
b. Layanan Kesehatan : poliklinik, apotek, dll
c. Layanan Komersial : minimarket, restoran, salon, dan lain-lain
d. Layanan anak : tempat penitipan anak, area bermain, dll.
 
3. Fungsi Tersier
Fungsi pelengkap merupakan fungsi-fungsi yang diadakan untuk guna melengkapi berlangsungnya fungsi utama dan fungsi pendukung. Seperti berkaitan dengan kegiatan pengelolaan misalkan perihal administrasi, pemasaran, pemeliharaan, kebersihan, pemeliharaan bangunan, dll. 
Gambar-Bangunan-Apartemen-Format-Autocad-01
Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad 01

Klasifikasi Jenis Apartemen

Perkembangan teknologi, sosial dan gaya hidup manusia mempengaruhi segala aspek kehidupan. Begitu juga dengan perkembangan apartemen. Meninjau lebih jauh perihal apartemen, klasifikasi apartemen sudah bertambah banyak jumlahnya ditinjau dari beberapa aspek. Berikut beberapa klasifikasi jenis apartemen yang bisa dijadikan wawasan atupun pengetahuan.
 
1. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Ketinggiannya
Berdasarkan buku housing yang ditulis oleh John Mascai (Mascai, 1982), klasifikasi apartemen berdasarkan ketinggian bangunan adalah sebagai berikut. 

a. Low Rise Apartment
Merupakan tipe bangunan apartemen bertingkat rendah dengan ketinggian 2 sampai 4 lantai dan sistem sirkulasi vertical melalui tangga (walk up) tanpa menggunakan lift.

b. Medium Rise Apartment
Merupakan tipe bangunan apartemen bertingkat sedang dengan menggunakan lift hidrolik yang konsekuensinya memiliki beban terbatas dan ketinggian bangunan antara 4 sampai 8 lantai.

c. High Rise Apartment
Merupakan tipe bangunan a[partemen dengan menggunakan lift elektrik, tinggi bangunan lebih dari 8 lantai dan jumlah lantai maksimum hanya dibatasi oleh kemajuan teknologi. Secara umum bentuk dasar bangunan high rise untuk hunian dapat dikelompokkan atas interior access type dan exterior access type 

2. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Pelayanan Koridor
Berdasarkan buku housing yang ditulis oleh John Mascai (Mascai, 1982), klasifikasi apartemen berdasarkan pelayanan koridor adalah sebagai berikut.
 
a. Exterior-Corridor System
Merupakan sistem koridor yang melayani unit-unit apartemen dari sisi. Ciri utama bangunan yang menggunakan sistem ini adalah bahwa tiga unit hunian memiliki dua wilayah ruang luar. Bentuk ini memungkinkan unit-unit apartemen mendapat ventilasi silang dan pencahayaan dari dua arah secara alamiah. 

b. Central Corridor System
Merupakan sistem yang paling umum digunakan, dimana sebuah koridor berada ditengah melayani unit-unit apartemen yang berada di kedua sisi koridor. Sistem ini dipandang lebih ekonomis dibandingkan sistem single louded yang hanya melayani satu sisi.

c. Point Block System
Sistem koridor terpusat merupakan pengembangan dari sistem double louded dengan koridor yang sangat pendek sehingga terjadi perubahan dari skema perencanaan secara linier dengan sisi terpanjang menjadi bujur sangkar dan terbentuk sistem koridor.

d. Multicore System
Sistem ini digunakan memenuhi tuntutan yang lebih bervariasi dari bangunan hunian. Factor utama yang menentukan penggunaan jenis ini adlah kondisi tapak, pemandangan/view dan jumlah unit hunian.

3. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Ruang Tidur Per Unit Hunian
Menurut Joseph deChiara dalam bukunya yang berjudul “Time Saver Standards for Residential Development” (De Chiara, 1984), apartemen dibedakan beradasarkan jumlah ruang tidur per unit hunian.

a. Apartemen efisien (efficiency apartment)
Apartemen efisien (efficiency apartment) merupakan unit hunian apartemen yang terdiri dari ruang utama yang digunakan untuk berbagai keperluan. Terkadang jenis ini disebut Apartemen Studio. Luas ± 18,58 – 46,45 m2.

b. Apartemen dengan satu ruang tidur (one-bedroom apartment)
Apartemen dengan satu ruang tidur adalah apartemen dengan 1 ruang utama multifungsi dengan 1 kamar tidur dengan luas unit ± 37,16 – 55,74 m2. Pada jenis ini ruang makan dan ruang duduk jadi satu, selain itu juga terdapat ruang tidur, dapur, kamar mandi/WC.

c. Apartemen dengan dua ruang tidur (two-bedroom apartment)
Apartemen dengan dua ruang tidur adalah apartemen yang terdiri dari 2 ruang tidur, ruang duduk, ruang makan, dapur, dan kamar mandi dengan luas ±46,45 - 92,90m2.

d. Apartemen dengan tiga tempat tidur (three-bedroom apartment)
Apartemen dengan tiga tempat tidur adalah unit apartemen yang terdiri dari 3 ruang tidur, ruang duduk, ruang makan, dapur, dan 1-2 kamar mandi dengan luas ±55,74—111,48m2.

e. Apartemen dengan empat ruang tidur (four-bedroom apartment)
Apartemen dengan empat ruang tidur adalah unit apartemen yang terdiri dari 4 ruang tidur, ruang duduk, ruang makan, dapur, 2 kamar mandi, dan gudang dengan luas ±102,19-139,35m2.

f. Mewah (penthouse)
Tipe Mewah terdiri dari 5 buah kamar tidur, ruang makan, ruang duduk, ruang kerja, dapur (lengkap dengan pantry), 3 kamar mandi dengan ruang ganti, ruang pelayan, ruang cuci dan gudang.

4. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Sistem Pengelolaan
Menurut Joseph deChiara dalam bukunya yang berjudul “Time Saver Standards for Residential Development” (De Chiara, 1984), apartemen dibedakan beradasarkan system pengelolaannya adalah:

a. Strata Title Apartment
adalah apartemen dengan sistem jual yang berarti “kamar atau beberapa tempat tinggal yang terdapat dalam suatu bangunan dan dipasarkan dengan cara jual kepada konsumen.

b. Rental Apartment
Adalah apartemen dengan sistem pengelolaan dengan disewakan sesuai
perjanjian bersama.

c. Serviced Apartment
Adalah apartemen dengan sistem pengelolaan sebagai dasar kerja sama dengan hotel untuk menampung tamu apartemen yang tidak tertampung.

5. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Bentuk dan Penataan Ruang
Dalam “Time Server for Development Residental”, Joseph de Chiara membagi tipe bangunan apartemen menjadi beberapa bagian, yaitu :

a. Center-Corridor Plan
Sistem ini lebih efisien dibandingkan dengan Single Corridor System. Keberadaan koridor ditengah bangunan untuk melayani sirkulasi horizontal dari kedua sisi unit apartemen. Dengan sistem ini arah pengembangan bangunan lebih dapat dimungkinkan kesamping dengan penambahan penerusan panjang koridornya.

b. Open-Corridor Plan / Exterior Corridor Plan
Merupakan koridor yang melayani kebutuhan sirkulasi kelompok unit apartemen yang berbentuk satu baris saja. Kelebihannya memberikan ventilasi silang, pencahayaan alami dan view kedua arah bagi tiap unitnya.

c. Tower Plan
Sistem dari hasil pengembangan double louded system dengan koridor yang sangat pendek. Koridor terbentuk dari sirkulasi yang mengelilingi core sebagai pusat sirkulasi vertikal sehingga terbentuk perubahan dari sirkulasi linear memanjang menjadi kotak

d. Cross Plan
Bentuk apartemen yang mempunyai 4 sayap, dimana tiap sayapnya ditempati 2 unit, sehingga bangunan berbentuk silang dengan titik pusat sebagai core.

6. Klasifikasi Apartemen Berdasarkan Ekonomi Penghuninya
Sesuai dengan kondisi sosial dan budaya di indonesia, apartemen dibagi menjadi 2 macam yaitu :
 
a. Apartemen
Apartemen adalah bentuk hunian yang disusun keatas dan digunakan oleh masyarakat golongan ekonomi menengah keatas. Pada umumnya memiliki ketinggian diatas 4 lantai, menggunakan lift sebagai alat sirkulasi vertikal dan kualitas bangunan yang baik.

b. Rumah Susun
Rumah susun adalah bentuk hunian yang disusun keatas dan digunakan oleh masyarakan golongan ekonomi bawah atau yang disebut sebagai rumah susun sederhana.  

Fasilitas Apartemen

Menurut Joseph de Chiara dan John Callender dalam buku Time Saver Standards For Building Types, apartemen dapat dibedakan berdasarkan fasilitas-fasilitas penunjang yang terdapat di dalamnya. Terbagi menjadi 3, yaitu:
 
Letak
Fasilitas
Kriteria Fasilitas Penunjang
Low Medium High
Di dalam
apartemen
keamanan Keamanan, intercom,
door signal, balkon
dan unit AC
Doorman dan telepon,
balkon yang besar,
AC sentral,
sevice entrance,
pelayanan
tempat tinggal
Di dalam
bangunan
Fasilitas laundry
dan minimum
lobby
Ruang laundry,
ruang komersil,
community room,
dan central strorage.
Ruang pertemuan,
parkir tambahan,
pelyanan
tempat tinggal
perbelanjaan,lift,
sistem keamanan,
circuit TV,
pelayanan kamar,
helth club,
kolam renang
tertutup.
Tapak Lapangan parkir
terbuka dan
ruang jemur
Kolam renang,
playgound and
sitting area,
ruang parkir
yang aman dan
terlindungi.
Taman, area rekreasi,
country club,
kolam renang
terbuka.

Download Gambar Bangunan Mall Format Autocad

File yang saya bagikan ini merupakan Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad, jadi anda bisa belajar menggambar dengan mengikuti ukuran dan model yang ada di gambar. Gambar sudah ada keterangan dan ukuran sehingga memudahkan dalam memahami.

Gambar ini berupa format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2006, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.
 
Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma - cuma.
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Kesimpulan

Pembangunan apartemen merupakan alternatif untuk hunian pada lahan yang terbatas. Didaerah perkotaan yang padat penduduk dan metropolis sudah banyak dibangun apartemen. Sebelum menempati apartemen pastikan dahulu klasifikasi jenis apartemen dan fasilitas apa saja yang terdapat pada apartemen tersebut. Dan perhatikan juga akuntabilitas dan kredibilitas pengembang perlu kita ketahui agar tidak kecewa di kemudian hari. Bukan hanya fasilitas pelayanan saja yang perlu diperhatikan, kondisi fisik konstruksi apartemen juga perlu diperhatikan dengan detail. Karna keamanan, kenyamanan dan keselamatan merupakan hal yang sangat penting, apalagi untuk hunian.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Gambar Bangunan Apartemen Format Autocad"