Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad

Cara-Mudah-Membuat-As-Jalan-di-Autocad-Dengan-Script-Autocad
Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad
Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad dan akan membagikan file script autocad kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian As Jalan

As jalan adalah garis tengah dari lebar badan jalan. Gampangnya lebar badan jalan dibagi dua. As jalan sudah ditandai dengan adanya marka jalan yang berada di tengah badan jalan. Marka jalan yang ditengah badan jalan inilah menandakan as jalan. Marka jalan dipasang pada 3 titik badan jalan, yaitu satu di tengah badan jalan, yang kedua ada ditepi sebelah kiri dan yang ketiga ada ditepi sebelah kanan pada badan jalan.

Sesuai dengan peraturan menteri perhubungan Nomor PM 67 tahun 2018 marka jalan yang berwarna kuning merupakan status jalan nasional, selain marka warna kuning bukan termasuk status jalan nasional. Nah, kalo sobat sipilgo melewati marka jalan yang berwarna kuning berarti sedang melintasi jalan nasional. Kalau marka jalan warna putih bukan status jalan nasional, bisa status jalan provinsi ataupun jalan kabupaten.

Manfaat As Jalan

As jalan memiliki peranan yang sangat penting pada paket perencanaan maupun pelaksanaan. As jalan memiliki banyak manfaatnya, yaitu :
1. Sebagai pembatas lajur jalan.
2. Memudahkan dalam pengaspalan, pada pelaksanaan pengaspalan dilakukan setengah dari lebar badan jalan.
3. Memudahkan dalam menentukan alinyemen horizontal.
4. Memudahkan dalam menentukan lebar badan jalan (dalam pelaksanaan) dan pelengkap jalan, misalkan lebar bahu jalan dan saluran.

Cara Membuat As Jalan Di Autocad Dengan Cepat

Untuk membuat As Jalan Raya dengan cepat di autocad maka diperlukan alat bantu yang namanya script autocad. Disini sipilgo tidak membahas tentang bagaimana membuat script autocad (nanti dikemudian waktu dan kesempatan sipilgo akan membahas tentang membuat script autocad).
 
Langkah langkah dalam membuat strip map di autocad dengan cepat
1. Buka file script autocad, masuk didalam Sheet Data Ukur, didalam Sheet Data Ukur ada angka yang berwarna merah dan bisa dirubah sesuai kebutuhan yaitu : No PI, X, Y dan Z. (Isilah sesuai kebutuhan)
Cara-Mudah-Membuat-As-Jalan-di-Autocad-Dengan-Script-Autocad-01
Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad 01

2. Masuk didalam Sheet Script, nah ini point yang penting dari script autocad. Silahkan blok dari tulisan "_layer make TITIK-PI c Yellow TITIK-PI LW 0.15 TITIK-PI L continuous TITIK-PI set TITIK-PI" sampai dengan tulisan "Zoom E".
Cara-Mudah-Membuat-As-Jalan-di-Autocad-Dengan-Script-Autocad-02
Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad 02

3. Setelah diblok lalu copy tulisan tersebut dan paste ke notepad. Simpan notepad tersebut diberi judul sesuai dengan keinginan. Jangan lupa diakiri dengan tanda (.scr) agar dapat dibaca oleh aplikasi atau software autocad. 
misalkan : Tes.scr
 
4. Kemudian buka autocad yang sudah anda install dilaptop atau di komputer. untuk autocad versi 2012 kebawah klik tulisan tool dan pilih run script. Untuk versi diatas 2012 mungkin letaknya berbeda, tapi intinya cari perintah run script.
Cara-Mudah-Membuat-As-Jalan-di-Autocad-Dengan-Script-Autocad-03
Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad 03
 
5. Setelah anda klik perintah run script, maka pilihlah file yang sudah anda simpan dengan format .scr misalkan Tes.scr

7. Secara otomatis gambar As jalan dari data ukur akan muncul dengan sendirinya hanya 2 detik. Sangat cepat bukan?
Cara-Mudah-Membuat-As-Jalan-di-Autocad-Dengan-Script-Autocad-04
Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad 04

Mudah sekali kan Sobat Sipilgo........
 
Kalau Sobat Sipilgo merasa bingung dengan langkah langkah yang sudah ditulis diatas, silahkan klik Video Tutorial Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad yang berada dibawah ini agar lebih paham.

Download Script As Jalan Format Excel

Nah Sobat Sipilgo file script autocad format excel untuk membuat as jalan raya akan saya bagikan kepada kalian secara gratis. Anggap saja sebagai bahan referensi, koleksi atau hanya untuk menambah wawasan saja.
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat As Jalan di Autocad Dengan Script Autocad"