Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Strip Map Jalan Di Autocad Dengan Cepat

Cara-Membuat-Strip-Map-Jalan-Dengan-Cepat-Di-Autocad
Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Membuat Strip Map Di Autocad Dengan Cepat dan akan membagikan file script kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Memuat…

Pengertian Strip Map

Stripmap jalan adalah suatu garis sejajar yang dapat menggambarkan atau memberikan informasi terkait kondisi jalan dengan interval stasioner tertentu. Garis yang dimaksud dapat menggambarkan mana bahu jalan, badan jalan, saluran, marka dan sebagainya dengan diberikan stasioner atau kilometer (Km).

Pembuatan stripmap disesuaikan dengan kebutuhan, apa saja yang akan ditampilkan dari stripmap itu sendiri. Misalkan histori pelaksanaan jalan raya dari tahun ke tahun, jenis penanganannya, lebar badan jalan dan lain sebagainya.

Manfaat Strip Map Jalan Raya

Strip map jalan memiliki peranan yang sangat penting pada paket perencanaan maupun pengawasan. Strip map memiliki banyak manfaatnya, yaitu :
1. Karena sifatnya yang simpel dan praktis, strip map jalan sangat berguna dalam memberikan informasi.
2. Sebagai buku saku atau pegangan pada paket pengawasan.
3. Memberikan gambaran atau informasi tentang histori penanganan jalan dari tahun ke tahun.
4. Menampilkan jenis penanganan atau lingkup pekerjaan jalan pada paket perencanaan maupun pengawasan.
5. Mengetahui panjang jalan yang sudah kerjakan maupun panjang jalan yang belum dikerjakan, dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Jenis Strip Map Jalan Raya

Berdasarkan pembuatannya, strip map jalan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Strip map jalan yang dibuat menggunakan autocad
2. Strip map jalan yang dibuat menggunakan excel

Berdasarkan lingkup pekerjaannya stripmap jalan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Strip map jalan pada paket perencanaan
2. Strip map jalan pada paket pengawasan
 

Cara Membuat Strip Map Jalan Di Autocad Dengan Cepat

Untuk membuat strip map dengan cepat di autocad maka diperlukan alat bantu yang namanya script autocad. Disini sipilgo tidak membahas tentang bagaimana membuat script autocad (nanti dikemudian waktu dan kesempatan sipilgo akan membahas tentang membuat script autocad).
 
Langkah langkah dalam membuat strip map di autocad dengan cepat
1. Buka file script autocad, masuk didalam Sheet Garis, didalam Sheet Garis ada angka yang berwarna merah dan bisa dirubah sesuai kebutuhan yaitu : Panjang jalan, Lebar Jalan, dan Bahu Jalan. (Isilah sesuai kebutuhan)
Cara-Membuat-Strip-Map-Jalan-Dengan-Cepat-Di-Autocad-01
Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad 01

2. Masuk didalam Sheet Sta, didalam Sheet Sta terdapat tulisan interval x dan y. Interval x dan y adalah jarak tiap sta. silahakan dirubah sesuai dengan kebutuhan.
Cara-Membuat-Strip-Map-Jalan-Dengan-Cepat-Di-Autocad-02
Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad 02

3. Masuk didalam Sheet Script, nah ini point yang penting dari script autocad. Silahkan blok dari tulisan "_layer make NO-STA c WHITE NO-STA LW 0.18 NO-STA L continuous NO-STA set NO-STA" sampai dengan tulisan "Zoom E".
Cara-Membuat-Strip-Map-Jalan-Dengan-Cepat-Di-Autocad-03
Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad 03

4. Setelah diblok lalu copy tulisan tersebut dan paste ke notepad. Simpan notepad tersebut diberi judul sesuai dengan selera. Jangan lupa diakiri dengan tanda (.scr) agar dapat dibaca oleh aplikasi atau software autocad. 
misalkan : latihan.scr
 
5. Kemudian buka autocad yang sudah anda install dilaptop atau di komputer. untuk autocad versi 2012 kebawah klik tulisan tool dan pilih run script. Untuk versi diatas 2012 mungkin letaknya berbeda, tapi intinya cari perintah run script.
Cara-Membuat-Strip-Map-Jalan-Dengan-Cepat-Di-Autocad-04
Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad 04
 
6. Setelah anda klik perintah run script, maka pilihlah file yang sudah anda simpan dengan format .scr

7. Secara otomatis gambar strip map akan muncul dengan sendirinya hanya 2 detik. Sangat cepat bukan?

Mudah sekali kan Sobat Sipilgo........
 
Kalau Sobat Sipilgo merasa bingung dengan langkah langkah yang sudah ditulis diatas, silahkan klik Video Tutorial Cara Membuat Strip Map Jalan Dengan Cepat Di Autocad dibawah ini agar lebih paham.

Download Script Strip Map Format Excel

Nah Sobat Sipilgo file script autocad format excel untuk membuat strip map jalan raya akan saya bagikan kepada kalian secara gratis. Anggap saja sebagai bahan referensi, koleksi atau hanya untuk menambah wawasan saja.
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Membuat Strip Map Jalan Di Autocad Dengan Cepat, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.
 
Buatlah hidupmu lebih bermanfaat untuk sesama makhluk hidup.

Post a Comment for "Cara Membuat Strip Map Jalan Di Autocad Dengan Cepat "