Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tabel Beton dan Baja Excel

Tabel-Beton-dan-Baja-Excel
Tabel Beton dan Baja Excel
 
Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Tabel Beton dan Baja Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. 

Pengertian Tabel Beton dan Baja

Tabel beton dan baja menurut Peraturan Beton Indonesia tahun 1971, menerangkan tentang mutu beton, tegangan beton yang diizinkan, tegangan leleh baja, tegangan tarik baja yang diijinkan dan lain sebagainya.

Fungsi dari tabel beton dan baja adalah untuk memudahkan dalam melihat nilai-nilai yang diinginkan, sehingga cukup praktis tanpa perlu menghitung menggunakan rumus lagi.

Pengertian Beton

Beton adalah suatu campuran yang terdiri dari pasir, agregat kasar, semen dan air yang diaduk secara merata dan dan didiamkan sampai mengeras dengan mutu tekan tertentu. Beton memiliki sifat kuat tekan yang tinggi namun kuat tarik yang lemah. 
 
Kuat tekan beton adalah kemampuan beton untuk menerima gaya tekan persatuan luas. Semakin tinggi mutu beton maka semakin tinggi kuat tekannya. Mutu beton disesuaikan dengan kebutuhan konstruksinya, sehingga tidak selamanya dalam satu konstruksi mutu betonnya sama.

Pengertian Baja Tulangan

Baja tulangan atau besi beton adalah suatu material bangunan yang berbentuk bulat memanjang yang memiliki fungsi sebagai perkuatan tarik pada beton. Baja tulangan di indonesia diabagi menjadi dua jenis : baja tulangan polos (BjTP) dan Baja tulangan sirip atau ulir (BjTS). kedua jenis tulangan mempunyai fungsinya masing masing sesuai dengan peruntukannya.

Baja tulangan polos memiliki ciri fisik adalah bulat polos, sedangkan baja tulangan sirip atau ulir memiliki ciri fisik ada siripnya. Sirip tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya lekat dan sebagai penahan gaya arah longitudinal batang secara relatif terhadap beton.
 
Tabel-Beton-dan-Baja-Excel-01
Tabel Beton dan Baja Excel 01

Cara Menghitung Berat Tulangan

Baja tulangan polos diameter 10 mm dan panjang 12 meter berapa beratnya?
jawab :
Langkah 1 (Menggunakan Tabel)
tinggal cari tabel tulangan untuk diameter 10 mm = 0.617 kg/m
Berat tulangan dia. 10 = panjang tulangan x berat
= 12 x 0.617
= 7.404 kg/m

Langkah 2 (Menggunakan rumus)
Rumus berat tulangan = panjang x diameter x diameter x 0.006165
= 12 x 0.6165
= 7.398 kg/m

Kenapa hasil berat tulangan ada selisih 0.006 kg/m???
itu terjadi karena ada pembulatan pada tabel beton (berat per meter dari hasil rumus dan dari tabel saya kasih tulisan tebal diatas)

Download Tabel Beton dan Baja Format Excel

Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel. Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Tabel Beton dan Baja Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tabel Beton dan Baja Excel"