Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Excel

Perhitungan-Tangga-Beton-Pada-Rumah-Format-Excel
Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Pengertian Tangga
Tangga adalah suatu konstruksi yang digunakan untuk akses jalan yang menghubungkan antara lantai bawah dengan lantai atas. 
 
Tangga beton adalah suatu konstruksi tangga yang dibuat dengan bahan menggunakan semen (pc), agregat batu pecah, pasir, dan air yang dicampur menggunakan komposisi tertentu sehingga terjaga mutu betonnya.
 
Tangga beton biasanya sering dijumpai di dalam gedung gedung rumah tinggal, bangunan sekolah, dan gedung perkantoran lainya yang tangganya sering dilalui oleh sekelompok orang banyak.
 
BAGIAN-BAGIAN TANGGA
a. Anak Tangga. 
Anak tangga berfungsi sebagai pijakan. Anak tangga harus menggunakan material yang tidak licin, terutama pada bagian tepinya yang disebut nosing. Bila menggunakan keramik, pilihlan keramik unpolish atau keramik yang bertekstur atau mempunyai alur.

b. Induk Tangga. 
Induk tangga adalah penyokong kekuatan utama pada konstruksi sebuah tangga. Induk tangga bisa menyatu dengan anak tangga (tangga beton) atau terletak di tengah atau di tepi anak tangga (tangga besi dan kayu). Pada beberapa konstruksi tangga yang anak tangganya seakan terlihat melayang, sebetulnya induk tangga tetep ada, yaitu berupa balok beton yang disembunyikan di dalam dinding.
 
c. Railing / pegangan / balustrade. 
Railing / pegangan / balustrade Adalah pagar yang terletak di tepi tangga. Fungsinya sangat jelas, yaitu untuk keamanan tangga. Tinggi railing antara 80-100cm. Terbuat dari bahan yang cukup kuat untuk menahan beban berat tubuh manusia. Bila balustrade terdiri dari kisi-kisi, maka jarak maksimal antar kisi adalah 15cm. Pada bagian atas yang menjadi pegangan tangan, haruslah memenuhi standar ergonomis yang aman dan nyaman untuk digenggam.
 
d. Bordes. 
Biasanya terletak pada belokan tangga. Bordes berfungsi juga sebagai tempat untuk beristirahat setelah menaiki tangga. Bordes harus disediakan pada  setiap 12 pijakan anak tangga (atau setiap tinggi 1,5-2m). Lebar bordes harus cukup untuk 3-4 langkah mendatar sebelum mendaki tangga. (minimal 90 cm)
 
e. Ruang pengantar dan penerima. 
Ruang ini adalah area imajiner yang terletak tepat sebelum dan setelah tangga. Meskipun secara fisik ruang ini tidak terlihat, tetapi berperan penting untuk menunjang fungsi tangga dan keselamatan pemakai. Idealnya terdapat clearance sebesar minimal 90cm di awal dan di akhir tangga.
 
BENTUK-BENTUK TANGGA
Berdasarkan bentuk geometrinya, tangga terbagi menjadi :

1. Tangga Lurus. 
Tangga lurus adalah tangga yang tidak mempunyai belokan. Demi kenyamanan, harus diingat bahwa untuk tangga lurus yang cukup panjang, tetap harus disediakan bordes.

2. Tangga berbentuk ‘L’. 
Biasanya terletak di pojok ruangan, menempel pada dinding. Tangga bentuk ini memiliki satu bordes yang terletak di belokan tangga.

3. Tangga berbentuk ‘U tertutup’. 
Tangga berbentuk ‘U tertutup’ adalah tangga yang mempunyai 1 bordes berukuran besar dan mempunyai 2 tanjakan pada arah berlawanan. Ini adalah bentuk tangga yang paling sering kita jumpai. Keuntungan tangga jenis ini adalah bagian bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai gudang atau lemari penyimpanan.

4. Tangga berbentuk ‘U terbuka’. 
Tangga berbentuk ‘U terbuka’ Yaitu seperti tangga berbentuk L, tetapi mempunyai 2 bordes dan 2 belokan, serta 3 tanjakan. Biasanya terletak pada ruangan yang berukuran sedang.

5. Tangga spiral. 
Tangga spiral biasanya dipergunakan untuk dua macam fungsi. Yang pertama adalah tangga servis. Pada fungsi servis ini tangga spiral dipilih karena space yang lebih efisien. Fungsi yang kedua adalah sebagai elemen dekoratif yang dipilih karena keindahannya. Pada fungsi dekoratif ini, tangga spiral justru diletakkan di tengah-tengah atrium yang justru memakan tempat lebih banyak. Kelemahan tangga jenis spiral ini adalah bagian bawah tangga sulit untuk dimanfaatkan.
 
Perhitungan-Tangga-Beton-Pada-Rumah-Format-Excel-01
Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Excel 01

Download Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Ms Excel
 
Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel, sehingga memudahkan untuk belajar dan menghitung struktur. 

Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Ms. Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perhitungan Tangga Beton Pada Rumah Format Excel"