Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Balok Jembatan Format Ms. Excel

Perhitungan-Balok-Jembatan-Format-Ms-Excel
Perhitungan Balok Jembatan Format Ms. Excel

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian diberikan kekuatan sehat panjang umur, berkah lancar dan dimudahkan dalam segala hal.
Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file Perhitungan Balok Jembatan Format Format Ms. Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.
 
Pengertian Jembatan
Jembatan adalah suatu kontruksi yang menghubungkan sisi tepi daerah atau sisi pinggir sungai yang satu dengan yang lainnya. jembatan yang berada diatas jalan lalu lintas biasanya disebut viaduct
 
Konstruksi  jembatan  adalah  suatu  konstruksi  bangunan  pelengkap sarana trasportasi jalan yang menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lainnya, yang dapat dilintasi oleh sesuatu benda bergerak misalnya suatu lintas yang terputus akibat suatu rintangan  atau  sebab  lainnya,  dengan  cara  melompati  rintangan  tersebut  tanpa menimbun/menutup rintangan itu dan apabila jembatan terputus maka lalu lintas akan terhenti.
 
Peranan jembatan yang sangat penting dalam menopang sistem transportasi darat yang ada, maka jembatan harus kita buat cukup kuat dan tahan, tidak mudah rusak. Kerusakan pada jembatan dapat menimbulkan gangguan terhadap kelancaran lalulintas jalan, terlebih di jalan yang lalu lintasnya padat seperti di jalan utama, di kota, dan di daerah ramai lainnya.
 
Tipe-Tipe Jembatan di Indonesia
1. Jembatan Beton Bertulang (Jembatan Balok T)
2. Jembatan Komposit
3. Jembatan Precast
4. Jembatan Rangka Baja
5. Jembatan Cable Stayed
6. Jembatan Lengkung 
7. Jembatan Gantung

Bagian-Bagian Jembatan
1. Bangunan Atas
Bangunan atas jembatan merupakan suatu susunan bangunan yang terletak di bagian atas suatu jembatan. Kemudian, bangunan atas jembatan memiliki fungsi sebagai penerima beban-beban yang dapat ditimbulkan oleh pejalan kaki, kendaraan, dan lain sebagainya.

Bangunan atas jembatan terdiri dari :
a) Gelagar utama
b) Gelagar memanajang
c) Gelagar melintang
d) Ikatan Angin
e) Sandaran lantai kendaraan

2. Landasan
Landasan merupakan bagian ujung bawah dari bangunan atas jembatan yang mempunyai fungsi yaitu meneruskan gaya-gaya reaksi dari bangunan atas kepada bangunan bawah. 
 
Berdasarkan fungsi tersebut, landasan terbagi menjadi 2 macam, yaitu:
a) Landasan bergerak (movable bearing)
b) Landasan tetap mati atau sendi (Fixed bearing)

3. Bangunan Bawah
Bangunan bawah pada umumnya merupakan susunan bangunan yang terletak dibagian bawah bangunan atas suatu jembatan dan berfungsi untuk menanggung beban-beban yang berasal dari bangunan atas yang kemudian disalurkan ke pondasi, selanjutnya akan disalurkan ke tanah oleh pondasi.

Bangunan bawah jembatan terdiri dari :
a. Abutmen
b. Pilar (Pier)

4. Pondasi
Pondasi memiliki fungsi yaitu sebagai penerima beban-beban dari bangunan bawah dan kemudian menyalurkannya ke tanah. 
 
Pondasi dapat dibagi menjadi 3, yaitu:
a. Pondasi
Langsung
b. Pondasi Dangkal
c. Pondasi Dalam

5. Oprit
Oprit berupa timbunan tanah yang terletak dibelakang abutment. Untuk menghindari terjadinya penurunan (settlement) yang mengakibatkan terganggunya pengendara, maka timbunan tanah harus dibuat sepadat mungkin. Penurunan menyebabkan kerusakan ekspansi join yaitu bidang pertemuan antara bangunan atas dan abutment. Maka dari itu, memaksimalkan pemadatan harus dilakukan dan diatasnya di beri plat injak dibelakang abutment.

6. Bangunan Pengaman
Bangunan pengaman merupakan salah satu bagian jembatan yang memiliki fungsi sebagai pengaman terhadap pengaruh sungai yang bersangkutan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Perhitungan-Balok-Jembatan-Format-Ms-Excel-01
Perhitungan Balok Jembatan Format Ms. Excel 01

Download Perhitungan Balok Jembatan Format Format Ms. Excel
 
Perhitungan ini hanya sebatas sebagai alat bantu hitung struktur saja, dan perlu dicek lagi keakuratannya dengan menyandingkan perhitungan atau aplikasi atau program yang lainnya sedangkan kesalahan hitungan merupakan kesalahan dari Orang Yang Menghitung. Anggap saja perhitungan ini sebagai referensi dan koleksi saja. Terimakasih...
 
File yang saya bagikan ini merupakan file berupa format ms. excel, sehingga memudahkan untuk belajar dan menghitung struktur. 

Baiklah sobat Sipilgo, untuk mendownload filenya, silahkan sobat tekan tulisan download yang berada dibawah ini secara Gratis alias cuma – Cuma loh...
 
Masukkan password dibawah ini untuk membuka File Winrar
Password Winrar : www.sipilgo.com
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui Kolom Komentar.
 Password winrar : www.sipilgo.com 

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :
Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Perhitungan Balok Jembatan Format Format Ms. Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih semoga bermanfaat.

2 comments for "Perhitungan Balok Jembatan Format Ms. Excel"