Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghitung Volume Beton Wing Wall Atau Dinding Sayap Jembatan

Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Wing-Wall-Jembatan

Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini Sipilgo akan menjelaskan Cara Mudah Menghitung Volume Beton Wing Wall Jembatan kepada kalian semua.

Pengertian Volume Beton Wing Wall Jembatan

Volume beton wing wall atau dinding sayap jembatan adalah besarnya kapasitas beton pada bagian dinding sayap jembatan yang terpasang dalam satuan meter kubik (m3). volume dapat dihitung menggunakan rumus bangun datar dikalikan dengan tebal dinding sayap jembatan. volume ini digunakan untuk menghitung kebutuhan volume pada tahap perencanaan, pengawasan maupun pelaksanaan.

Cara Menghitung Volume Beton Wing Wall Jembatan

Untuk menghitung volume beton wing wall atau dinding sayap jembatan, tentunya harus mengetahui dimensi atau ukuran dinding sayap jembatan itu sendiri. Ukuran wing wall atau dinding sayap jembatan didapat dari gambar perencanaan, gambar kerja atau dinding sayap jembatan yang sudah terpasang.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Rumus Dasar Untuk Menghitung Dan Membuat Back Up Volume Pekerjaan Jalan Dan Jembatanuntuk menghitung volume wing wall atau dinding sayap jembatan perlu membuat garis bantu berupa bidang datar. Tujuannya untuk memudahkan dalam menghitung volumenya.

Contoh Soal :

Hitung volume beton wing wall atau dinding sayap jembatan dengan tebal beton 30 cm dan dimensi wing wall seperti gambar dibawah ini (gambar dalam satuan cm).
Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Wing-Wall-Jembatan-01

 
Jawab :
Kita beri garis bantu sehingga menjadi beberapa bangun datar, sehingga memudahkan dalam menghitung luasannya, seperti gambar dibawah ini
Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Wing-Wall-Jembatan-02

Didapat 2 jenis bangun datar :

Bidang A berbentuk trapesium
Bidang B berbentuk persegi panjang




1. Luas bidang A : (a+b)/2 x tinggi (rumus trapesium)

                         : (60+200)/2 x 180
                         : 25200 cm2 : 2.52 m2

2. Luas bidang B : panjang x lebar (rumus persegi panjang)

                         : 200 x 30
                         : 6000 cm2 : 0.6 m2

3. Luas total : Luas bidang A + Luas bidang B

                   : 2.52 + 0.6
                   : 3.12 m3

4. Volume wing wall : luas total x tebal beton

                              : 3.12 x 0.3
                              : 0.936 m3

volume wing wall diatas untuk 1 buah. Sedangkan dalam konstruksi jembatan, jumlah wing wall atau dinding sayap jembatan terdapat 4 buah. Maka volume betonnya dikalikan dengan 4, sehingga menjadi :

5. Total volume beton wing wall : 4 x 0.936

                                              : 3.744 m3

Selesai.... Kira-kira seperti itu penjelasan cara untuk menghitung volume beton wing wall atau dinding sayap jembatan. Mudah sekali bukan.

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Mudah Menghitung Volume Beton Wing Wall Jembatan, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial medial, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "Cara Mudah Menghitung Volume Beton Wing Wall Atau Dinding Sayap Jembatan"