Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghitung Volume Beton Pondasi Bore Pile

Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Bore-Pile
Halo sobat Sipilgo, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat, panjang umur dan berkah lancar... Amin Allahumma Amin

Pada kesempatan kali ini Sipilgo akan menjelaskan Cara Mudah Menghitung Volume Beton Bore Pile kepada kalian semua.

Pengertian Pondasi Bore Pile

Pondasi Bore Pile adalah salah satu jenis pondasi dalam yang terbuat dari beton bertulang. Pondasi bore pile memiliki keunggulan yaitu dalam pemasangan tidak mengakibatkan getaran berbeda pelaksanaan dengan tiang pancang.

Sebelum pengecoran bore pile, tanah di lubangi dengan mesin bor berkekuatan tinggi. setelah tanah dilubangi dengan kedalaman dan diameter tertentu, baja tulangan dengan diameter tertentu dimasukkan kedalam lubang tersebut. Setelah tulangan sudah terpasang didalam lubang, kemudian dituangkan beton sesuai ketentuan yang diisyaratkan.

Ketika umur beton dan mutu beton sudah tercapai, baru melaksanakan pekerjaan konstruksi diatasnya.

Pengertian Volume Beton Bore Pile

Volume beton bore pile adalah besarnya kapasitas beton pada pondasi bore pile yang terpasang dalam satuan meter kubik (m3). volume dapat dihitung menggunakan rumus tabung. volume ini digunakan untuk menghitung kebutuhan volume pada tahap perencanaan, pengawasan maupun pelaksanaan.

Menghitung Volume Beton Bore Pile

Untuk menghitung volume beton Bore Pile, tentunya harus mengetahui dimensi atau ukuran bore pile itu sendiri. Ukuran bore pile didapat dari gambar perencanaan maupun gambar kerja.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Rumus Dasar Untuk Menghitung Dan Membuat Back Up Volume Pekerjaan Jalan Dan Jembatanuntuk menghitung volume beton bore pile mengetahui ukuran atau dimensinya. Tujuannya untuk memudahkan dalam menghitung volumenya.

Contoh Soal :

Hitung volume beton bore pile dengan diameter bore pile 50 cm dan dimensi dinding sumuran jembatan seperti gambar dibawah ini (gambar dalam satuan mm).
Cara-Mudah-Menghitung-Volume-Beton-Bore-Pile-01
Cara Mudah Menghitung Volume Beton Bore Pile


Jawab :
Untuk menghitung volume beton bore pile perlu tahu diameter atau jari-jarinya. Perlu diingat bahwa bore pile berbentuk tabung, jadi bisa langsung menggunakan rumus tabung ataupun menggunakan rumus lingkaran dikalikan tinggi pondasi bore pilenya.

Jadikan satuan ukuran sama semua (semua ukuran dijadikan meter)

1. Luas alas bore pile : pi x jari-jari x jari-jari (rumus lingkaran)
                                : 3.14 x 0.25 x 0.25
                                : 0.196 m2

2. Volume bore pile    : luas alas bore pile x tinggi

                                : 0.785 x 10
                                : 1.96 m3

volume bore pile diatas untuk 1 buah. Sedangkan dalam soal, jumlah bore pile terdapat 10 buah. Maka volume betonnya dikalikan dengan 10, sehingga menjadi :

3. Total volume bore pile : 1.96 x 10

                                    : 19.6 m3

Selesai.... Kira-kira seperti itu penjelasan cara untuk menghitung volume beton bore pile. Mudah sekali bukan....

Apabila sobat Sipilgo ingin mengikuti atau berlangganan artikel dari kami silahkan mengunjungi di :

Telegram Instagram Youtube Facebook

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai membuat Cara Mudah Menghitung Volume Beton Bore Pile, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menambah referensi pengetahuan. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial medial, terimakasih semoga bermanfaat....

Post a Comment for "Cara Mudah Menghitung Volume Beton Pondasi Bore Pile"